Tekno

Begini Cara Mengaktifkan Private Safe di HP

Selasa, 30 November 2021 - 12:02 | 159.06k
Ilustrasi Cara Mengaktifkan Private Safe di HP.  (FOTO: XDA Developers)
Ilustrasi Cara Mengaktifkan Private Safe di HP. (FOTO: XDA Developers)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda perlu mengetahui cara mengaktifkan Private Safe di HP. Dengan mengaktifkannya, Anda menjaga privacy serta keamanan data pada perangkat HP yang digunakan.

Penggunaan fitur Private Safe memungkinkan Anda untuk menyembunyikan file, dokumen, foto, dan hal lainnya. Tanpa seizin Anda, orang lain  tidak dapat dengan mudah membuka file-file tersebut.

Anda akan merasa lebih tenang karena file atau data penting Anda tersimpan dengan aman, dan tidak  terjangkau oleh orang lain. Tentunya, Anda perlu mengaktifkan fitur Private Safe di HP lebih dahulu.

Memhami Cara Mengaktifkan Private Safe di HP
Para pengguna sering menggunakan smartphone untuk menyimpan berbagai file atau data yang bersifat pribadi, serta dijaga kerahasiaannya. Maka hal penting untuk mempunyai aplikasi atau fitur yang dapat menyimpan secara baik berbagai data tersebut. 

Untuk bisa memperoleh Fitur Private Safe, HP atau smartphone Anda harus sudah didukung Color OS 5.1 ke atas. Sekali lagi, fitur ini bermanfaat untuk mengamankan berbagai jenis data penting.

Private Safe adalah salah satu fitur keamanan menarik yang hadir untuk perangkat HP. Dengan menggunakan fitur ini, maka pengguna dapat menyembunyikan berbagai file, musik, foto, video, dokumen, dan data penting lainnya di dalam smartphone.

Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang tidak ingin datanya dapat dilihat oleh sembarang orang. Terutama dari teman yang suka membuka photos atau file manager tanpa izin. 

Saat fitur Private Save di HP Anda sudah aktif, maka tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Pasalnya, data-data tersebut telah mendapatkan perlindungan dengan PIN 6 digit.

Jangan khawatir, apabila Anda lupa PIN tersebut,  ada opsi pemulihan dengan verifikasi pertanyaan yang diperoleh pada saat awal mengaktifkan fitur Private Safe, serta melalui email.

Cara Mengaktifkan Private Safe di HP
Cara mengaktifkan Private Safe pada perangkat HP, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka menu “Settings”, selanjutnya ketuk “Privacy”.
Pada layar menu “Privacy”, dapat Anda cari dan buka “Private Safe”. Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat PIN
2. Cara mengaktifkan Private Safe di HP selanjutnya adalah dengan memilih pertanyaan untuk verifikasi apabila suatu saat Anda lupa PIN.
3. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan email untuk opsi verifikasi lanjutan. Dalam hal ini, Anda dapat mengaktifkan jalan pintas atau shortcut untuk Private Safe pada Home screen.
4. Jika telah selesai pengaturannya, maka Anda dapat langsung buka Private Safe pada Home Screen perangkat Anda.
5. Pilih salah satu folder serta tekan tombol Add dengan ikon + pada bagian kanan bawah layar.
6. Lalu masukkan video, foto, dokumen, atau file lain yang akan Anda kunci.
7. Perlu Anda perhatikan bahwa setiap saat Anda membuka private Safe, maka Anda perlu mengisi PIN

Menampilkan File dari Private Safe di HP
Setelah mengetahui cara mengaktifkan private safe di HP, Anda perlu mengetahui cara mengembalikan atau menampilkan file yang telah disembunyikan melalui fitur tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka menu Settings atau Pengaturan
2. Pilih menu Privacy
3. Buka menu Private Safe. Anda akan diminta memasukkan password atau pattern
4. Anda akan menuju ke halaman Private Safe.
5. Buka salah satu folder untuk melihat file yang telah disembunyikan. Anda dapat mengendalikannya menjadi Set as Public.
6. Setelah ditata, siapa saja dapat menyaksikan kembali file-file atau data yang telah Anda sembunyikan sebelumnya pada fitur Private Safe.

Perlu diketahui, fitur ini hanya bisa terbuka saat pengguna memasukkan kata sandi serta file yang tersimpan dalam fitur Private safe.

Itulah uraian mengenai cara mengaktifkan Private Safe di HP. Dengan mengetahuinya, Anda akan bisa menyimpan serta mengamankan data atau file supaya lebih terjaga keamanan dan privasinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES