Pemerintahan

Dinas PUPR NTB: Kemantapan Jalan Provinsi NTB Capai 84 Persen

Senin, 29 November 2021 - 17:34 | 36.41k
Kepala Dinas PUPR NTB Ir. H. Ridwan Syah bersama Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djlalilah padaTalk Show Hari Bhakti PU ke 76 tahun 2021  dengan tema
Kepala Dinas PUPR NTB Ir. H. Ridwan Syah bersama Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djlalilah padaTalk Show Hari Bhakti PU ke 76 tahun 2021  dengan tema

TIMESINDONESIA, MATARAM – Mataram- Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. H. Ridwan Syah mengatakan dari 1400 kilometer jalan provinsi, kemantapannya mencapai 84 persen. Baik jalan yang sudah dibangun dan diperbaiki.

Hal itu dikatakan padaTalk Show Hari Bhakti PU ke 76 tahun 2021  dengan tema "Infrastruktur Mantap, NTB Gemilang" di halaman kantor Dinas PUPR NTB, Senin (29/11/2021).

Menurutnya, tanpa tidak ada investasi tanpa infrastruktur. Tidak ada pembangunan tanpa investasi, tanpa pembangunan tidak ada penyerapan tenaga kerja dan tanpa penyerapan tenaga kerja tidak akan mampu mempercepat penurunan kemiskinan yang masih menjadi PR pemerintah Provinsi NTB saat ini.

“Tidak ada lagi jalan yang tidak tersambung di seluruh kabupaten kota se-NTB," ucapnya di Mataram Senin (29/11).

Mantan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB ini menjelaskan, infrastruktur jalan akan dibangun secara merata baik yang ada di pulau Lombok dan Sumbawa.

PUPR NTB b

Misalnya wilayah Tambora yang tidak ada lagi jembatan putus tahun ini dan semua jalannya dalam kategori hotmix. Begitupun jalan lintas Karumbu-Sape, Rembige-Kayangan (sedang dikerjakan) dan begitu jalan provinsi lainnya di seluruh kabupaten kota.

Mewujudkan infrastruktur jalan mantap tersebut, semua sudah masuk dalam 13 paket proyek infrastruktur jalan dan jembatan provinsi. 13 paket proyek konstruksi jalan dan jembatan tersebut dibiayai lewat dana pinjaman program pemulihan ekonomi nasional (PEN) Daerah sebesar Rp250 miliar.

"Insya Allah ditargetkan tuntas pada Mei 2022, baik jalan dan jembatan. Untuk jalan, Desember tahun ini sudah selesai," ucapnya.

Dae Iwan, sapaan Ridwan Syah, menjelaskan, pembangunan infrastruktur jalan di Provinsi NTB menjadi visi misi pertama dalam membangun NTB gemilang yang tertuang dalam RPJMD yaitu, NTB tangguh dan mantap yang di dalamnya fokus percepatan pembangunan infrastruktur jalan.

"Semangat inilah yang harus terus kita hidupkan, agar masyarakat bisa menikmati jalan yang aman dan menghidupkan perkonomian," tegasnya.

Kemantapan jalan ini menjadikan NTB sebagai provinsi yang memiliki jalan infrastruktur yang terbaik selama tiga tahun berturut-turut secara nasional.

Selain memantapkan infrastruktur jalan, lanjutnya, Provinsi NTB telah menjadi identitas bangsa setelah hadirnya Sirkuit Mandalika dan event MotoGP. Tentu hal itu, menjadikan NTB sebagai kiblat pembangunan pemerintah pusat serta seluruh kementerian dan lembaga untuk mempercepat infrastruktur jalan, fasilitas serta saranan dan prasarana di NTB menjelang event balapan dunia tersebut. 

"Tanpa dukungan infrastruktur jalan, permukiman, perumahan dan sumber daya air. Perhelatan MotoGP tidak akan berjalan dengan baik. Ini menjadi PR kita bagaimana segala persiapan harus betul-betul disiapkan sebaik mungkin agar NTB siap menjadi tuan rumah MotoGP Maret 2022 mendatang," ujar Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. H. Ridwan Syah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES