Peristiwa Daerah

Wadahi Kader Jurnalis, PB PMII Segera Launching Lembaga Profesi Jurnalis dan Kepenulisan

Senin, 29 November 2021 - 17:41 | 77.79k
Pamflet webinar dan launching Lembaga Profesi Jurnalistik dan Kepenulisan PB PMII (FOTO : Dok. PB PMII)
Pamflet webinar dan launching Lembaga Profesi Jurnalistik dan Kepenulisan PB PMII (FOTO : Dok. PB PMII)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Untuk mewadahi kader yang berminat dalam dunia jurnalistik, PB PMII secara resmi akan segera melaunching Lembaga Profesi Jurnalistik dan Kepenulisan PB PMII, Jum'at (3/12/2021) mendatang.

Melalui wadah Asosiasi Pers Media Pergerakan (APMP), kader-kader PMII yang berminat di dunia Jurnalis akan dibimbing dan dibina serta untuk membangun relasi yang lebih luas di bidang jurnalistik.

Untuk memberi pemahaman tentang media dan jurnalistik lebih mendalam, pada launching Lembaga Profesi Jurnalistik dan Kepenulisan itu, PB PMII juga akan menggelar webinar yang bisa diikuti oleh seluruh kader PMII seluruh dunia. Caranya cukup mudah, hanya dengan mendaftar melalui link https://bit.ly/WebinarJurnalistikPBPMII.

Dalam webinar tersebut akan menghadirkan Hendri Ch Bangun, Wakil Ketua Dewan Pers sebagai Keynote Speaker, sedangkan pematik dalam webinar tersebut akan diisi oleh Yatimul Ainun, Pemimpin Redaksi TIMES Indonesia, Herik Kurniawan, Ketua Umum IJTI, dan Sasmito, Ketua Umum AJI.

Sabda M Holil, Direktur Lembaga Profesi Jurnalistik dan Kepenulisan PB PMII mengatakan nantinya, rencana yang akan dibangun, dibagi menjadi tiga tahap. Yakni jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

"Pertama menaungi kader-kader yang berprofesi di perusahaan media massa. Yang kedua kader yang aktif menulis di pers kampus atau mereka yang aktif menjadi penulis lepas," katanya kepada TIMES Indonesia, Senin (29/11/2021).

Sabda menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan distribusi kader profesi jurnalis dan kepenulisan, serta mengadakan pelatihan-pelatihan dan pengembangan kapasitas keprofesian jurnalistik, monitoring dan evaluasi kaderisasi profesi Jurnalis.

"Sebagai lembaga keprofesian kita punya akar sejarah panjang. Ada dua pendekar pena PMII yang bergerak di bidang jurnalistik sebagai profesi, ada Mahbub Djunaidi sebagai ketum PMII pertama kali, dan Said Budairy pendiri PMII. Beliau berdua sosok yang idealis mengabdi cita-cita luhur, rela berkorban meskipun terancam, dan malang melintas di jurnalistik. Ini menjadi contoh untuk kader-kader PMII untuk aktif menulis dan membangun literasi yang kuat," jelasnya.

Kedepan, sosok seperti Mahbub Djunaidi dan Said Budairy akan bermunculan. Ketika, Lembaga Profesi Jurnalistik dan Kepenulisan PB PMII yang telah dibuat mampu terorganisir dengan baik mulai dari bawah ke atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES