News Commerce Indonesia Bangkit

Raih CSR dari Evercoss Indonesia, SMK Mugawa Yogyakarta Kembangkan Technology Based Learning

Sabtu, 27 November 2021 - 20:49 | 57.23k
Serah terima CSR dari PT Evercoss Technology Indonesia kepada SMK Muhammadiyah 3 Wates Yogyakarta. (Foto: SMK Muhammadiyah 3 Wates for TIMES Indonesia)
Serah terima CSR dari PT Evercoss Technology Indonesia kepada SMK Muhammadiyah 3 Wates Yogyakarta. (Foto: SMK Muhammadiyah 3 Wates for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTASMK Mugawa Yogyakarta (SMK Muhammadiyah 3 Wates) mendapatkan CSR (Corporate Social Responsibility) berupa 10 set peralatan pelatihan teknisi smartphone senilai Rp 30 juta dari PT Evercoss Technology Indonesia. 

Bantuan CSR tersebut diperuntukkan jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia. SMK Mugawa Yogyakarta merupakan mitra PT Evercoss Technology Indonesia kerja sejak tahun 2016 dalam bidang kelas industri.

“Kemitraan dengan PT Evercoss Technology Indonesia bertujuan untuk mengembangkan program entrepreneurship dengan memanfaatkan teknologi informatika yang bermanfaat bagi dunia pendidikan. Hal tersebut menjadi esensi dari pembelajaran berbasis teknologi,” kata Novan Madiyanto ST, guru SMK Mugawa Yogyakarta.

Selain itu, lanjut Novan, kerja sama ini juga mencakup bidang pengembangan pendidikan sistem ganda, pelaksanaan magang siswa SMK di PT Evercoss Technology Indonesia, penyaluran tamatan sekolah, serta link and match kurikulum sekolah dan industri.

Novan mengatakan, peserta didik diberi kesempatan magang di PT Evercoss Indonesia baik di kawasan industri BSB Semarang maupun di Jakarta.

“Kerja sama ini bermaksud untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan antara dunia industri dengan dunia pendidikan, khususnya dalam bidang peningkatan kompetensi peserta didik dan pendidik agar sesuai dengan kebutuhan industri,” jelas guru yang terlisensi Master Trainer ini.

Menurut Novan, peningkatan kompetensi di SMK Mugawa Yogyakarta ditunjang dengan adanya guru yang sudah mengikuti Training of Trainer untuk mendapatkan lisensi master trainer dalam bidang Device Network and Application.

Novan menyampaikan, pihaknya mengikuti training yang diadakan PT Evercoss Technology Indonesia selama 1 bulan. Materi Device Network and Application Level 1-4 yang didapatkan, diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah. Sehingga kelak peserta didik dapat menerapkannya di dunia industri.

Untuk menunjang pembelajaran di sekolah, PT Evercoss Technology Indonesia memberikan bantuan alat praktikum yang terstandarisasi industri. Berupa solder, blower, multi meter digital, power supply, dan beberapa alat servis smartphone lainnya.

“Kami berharap kerja sama ini dapat berkesinambungan sehingga SMK Mugawa Yogyakarta dapat berkembang menjadi pioner SMK pusat teknologi,” ujar Handoko, HRGA Manager PT Evercoss Technology Indonesia.

Sementara itu, Naomi, salah satu peserta didik yang telah magang di PT Evercoss Technology Indonesia menuturkan, selama 6 bulan mengikuti magang di manufaktur Evercoss Semarang telah mendapatkan pengalaman bekerja di industri secara langsung.

“Saya mudah beradaptasi di sana (Evercoss Semarang) karena pembelajaran di sekolah sudah menerapkan kelas industri. Bahkan saya mendapatkan gaji seperti karyawan lainnya,” ungkap siswa SMK Mugawa Yogyakarta ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES