Peristiwa Daerah

Sambut Harjaba, Kades Kecamatan Kabat Gelar Napak Tilas Prabu Tawangalun

Senin, 29 November 2021 - 11:15 | 67.05k
Warga berada di petilasan Prabu Tawangalun, di Kecamatan Kabat, Banyuwangi. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)
Warga berada di petilasan Prabu Tawangalun, di Kecamatan Kabat, Banyuwangi. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Peringati Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-250, Kepala Desa (Kades) Se Kecamatan Kabat, kembali akan menggelar kegiatan Napak Tilas Prabu Tawangalun. Acara yang mengusung tema ‘Ojo Kepaten Obor’ tersebut rencanakan dilaksanakan pada Sabtu, 11 Desember 2021.

“Kegiatan ini adalah upaya kita melestarikan budaya dan sejarah kejayaan kerajaan Blambangan, yang merupakan leluhur masyarakat Banyuwangi,” ucap Kades Macan Putih, Mohammad Farid, Senin (29/11/2021).

Disebutkan, tema ‘Ojo Kepaten Obor’ sengaja diangkat sebagai pengingat bagi seluruh masyarakat Banyuwangi. Karena diakui atau tidak, saat ini banyak kalangan pelajar dan generasi muda yang tidak mengenal sejarah Blambangan. Meskipun sejarah merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter.

“Pengetahuan tentang sejarah memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter pelajar serta generasi muda penerus bangsa,” ungkapnya.

Farid menambahkan, sejarah mengandung nilai-nilai heroik, teladan, perintis, patriotisme, nasionalisme dan semangat pantang menyerah. Dan itu merupakan asupan posotif untuk mendasari proses pembentukan karakter serta kepribadian siswa maupun generasi muda.

Dalam kegiatan ini, Kades se Kecamatan Kabat juga mendapat dukungan penuh dari Forpimka setempat. Termasuk turut melibatkan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Banyuwangi dan media online TIMES Indonesia Biro Banyuwangi.

Seperti kegiatan sebelumnya, Napak Tilas Prabu Tawangalun 2021 berkonsep jalan sehat jaga jarak dengan protokol kesehatan ketat. Bedanya, rute yang dilewati diyakini sebagai letak kerajaan Blambangan dimasa kepemimpinan Prabu Tawangalun. Tahun ini, start di Kantor Desa Benelan Lor. Dan finish diarea petilasan Prabu Tawangalun.

“Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat dukungan penuh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kabupaten Banyuwangi dan Dinas Kebudayaan dan Priwisata Kabupaten Banyuwangi,” kata Ketua MPC Pemuda Pancasila Banyuwangi, Zamroni SH.

Untuk diketahui, Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) diperingati setiap tanggal 18 Desember. Dan sesuai catatan sejarah, Banyuwangi memiliki segudang tokoh pahlawan. Diantaranya, Prabu Tawangalun, Wong Agung Wilis, Rempeg Jagapati, Sayu Wiwit dan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES