News Commerce

Ndalem Nampan Bidik Wisata Kuliner Kulon Progo Sisi Selatan, Ini Detailnya

Senin, 29 November 2021 - 00:31 | 98.47k
Ndalem Nampan, wisata kulineran baru di Kulon Progo yang dilengkapi dengan wisata dokar ke pantai Trisik (FOTO: Dok. Ndalem Nampan for TIMES Indonesia)
Ndalem Nampan, wisata kulineran baru di Kulon Progo yang dilengkapi dengan wisata dokar ke pantai Trisik (FOTO: Dok. Ndalem Nampan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAKuliner di Kulon Progo sisi selatan selama ini mungkin belum banyak tumbuh dan tergarap seperti menjamurnya usaha kuliner di daerah Kulon Progo sisi utara dan barat. Padahal, di daerah itu sempat dikenal dengan eksotisnya Pantai Trisik sebagai hilir dari Kali Progo sehingga menjadi pusat pariwisata laut dan Tempat Pelelangan Ikan atau TPI.

Namun, saat ini wisata kuliner di Kulon Progo sisi selatan mulai bergairah dengan hadirnya Ndalem Nampan. Tempat kuliner Ndalem Nampan ini berada di Dusun Nampan, Nomporejo, Galur atau sekitar 3 km dari Pantai Trisik.

Pengelola sekaligus pemilik Ndalem Nampan, Pri Hastuti, menuturkan konsep yang diusung Ndalem Nampan cukup sederhana yaitu menyajikan sajian kuliner sekaligus alam pedesaan.

“Kita tahu orang sekarang banyak yang bosan wisata di kota dan banyak yang beralih ke desa. Ya, karena di desa semuanya masih alami, ya masyarakatnya ya alamnya juga,” ujar istri dari Satria Ardhi Nugraha itu dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Minggu (28/11/2021).

Ndalem Nampan 1Beragam menu hidangan khas pedesaann yang disajikan di Ndalem Nampan Kulonprogo. (FOTO: Dok. Ndalem Nampan for TIMES Indonesia)

Menurut Pri Hastuti ketika masyarakat berkuliner di Ndalem Nampan mereka bisa menikmati beragam hidangan khas pedesaan, menu Nusantara, sea food hingga continental dengan harga yang terjangkau masyarakat.

“Yang membedakan di Ndalem Nampan bukan hanya masakan ‘ndeso’ tapi kami lengkapi dengan menu-menu nusantara bahkan modern dengan harga yang terjangkau. Ada geblek, ada pisang goreng, ada minuman tradisional. Tapi ada juga masakan modern,” urainya.

Salah satu yang menjadi keindahan andalan di Ndalem Nampan adalah Sunset. Saat itu wisatawan bisa menikmati  indahnya sore hari di Ndalem Nampan sambil menyaksikan masyarakat yang tengah bertani atau menggembala ternak bahkan anak-anak yang bermain layang-layang. Sesekali mereka juga bisa menyaksikan pesawat yang terbang rendah dari Bandara YIA.

Harapannya, dengan kehadiran Ndalem Nampan ini pariwisata di daerah itu semakin maju dan berkembang seiring penataan Pantai Trisik. Meski diakui akses dan beberapa infrastruktur penunjang seperti jalan masih perlu mendapat perhatian pemerintah daerah.

“Tapi saya yakin pemda dan DPRD tidak akan tinggal diam. Ketika warganya ingin mengembangkan daerahnya tentu akan mendapat perhatian termasuk perbaikan jalan nantinya,” imbuh pemilik Taman Asuh anak sekaligus Baby SPA ATHAHIRA ini.

Sementara itu, meskipun buka belum lama, Ndalem Nampan sudah mendapat respons positif dari masyarakat dan juga Dinas Pariwisata Kulonprogo. Apalagi di sana juga mulai dilengkapi dengan wisata dokar ke pantai Trisik, bermain egrang, belajar tarian, menyewakan sepeda, permainan/outbond ringan, sewa caping hingga membatik.

Ndalem Nampan 2

"Belum lama lalu kebetulan dari Green Edelweiss Foundation menggelar acara juga disini termasuk membatik motif Gemblung. Saya rasa ini cukup bagus untuk membangkitkan minat masyarakat kembali dan beraktifitas di desa yang alami,” kata Satria

Melalui sosial media yang dimiliki IG @ndalemnampan, masyarakat bisa melihat aktivitas Ndalem Nampan. Instansi dan perkantoran mulai melirik dan mengadakan kegiatan di Ndalem Nampan Kulon Progo, sebut saja Puskesmas Galur, Puskesmas Panjatan, Humas dan Protokol UGM, serta lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES