Peristiwa Daerah

Jambore Guru Banjarnegara Ramaikan HUT ke-76 PGRI

Sabtu, 27 November 2021 - 17:22 | 39.08k
Bersiap melakukan penghijauan di ruas jalan menuju makam makam Dr Sulistiyo. (FOTO : PGRI Banjarnegara For TIMES Indonesia)
Bersiap melakukan penghijauan di ruas jalan menuju makam makam Dr Sulistiyo. (FOTO : PGRI Banjarnegara For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Rangkaian peringatan HUT ke-76 PGRI di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena bertepatan dengan acara rutin 3 tahunan yaitu Jambore Guru.

Kegiatan ini diluncurkan kali pertama pada peringatan HUT PGRI ke–73 tahun 2018. Telah disepakati pula oleh seluruh anggota PGRI se-Kabupaten Banjarnegara bahwa ajang silaturahmi ini rutin diadakan setiap 3 tahun sekali.

Jambore Guru II diadakan selama 5 hari berturut-turut dari tanggal 23 sampai 27 November 2021, bertempat di Komplek Makam Dr. Sulistiyo, Desa Kalitengah Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara.

Agenda yang digelar antara lain vaksinasi masal 1.000 orang warga sekitar komplek makam, pameran buku karya anggota PGRI se–Banjarnegara, upacara peringatan HUT PGRI ke – 76, ziarah makam Dr. Sulistiyo, tasyakuran dan final LCC Wawasan ke-PGRI-an.

PGRI Banjarnegara c

Kemudian apresiasi kejuaraan perlombaan, senam PGRI, penghijauan Bukit Sulistiyo, diseminasi smart school dan smart learning, sarasehan gerakan gemar menulis, sarasehan peningkatan kapasitas pengurus dan anak lembaga, dan outbond ke Igir Lempuyang.

Pada hari pertama, dilaporkan bahwa kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar dan target 1.000 orang dapat terlampaui.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun PGRI ke – 76 dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 dilaksanakan dengan khidmat dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Bertindak sebagai pembina upacara Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin, SPd, MPd. Hadir dalam upacara ini Sekda Banjarnegara, Drs. Indarto, MSi, Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Arh Sujedi Faisal ST MHan dan Kapolres Banjarnegara, AKBP Fahmi Arifianto SH SIK MH MSi.

Kemudian, Ketua DPRD Banjarnegara, Ismawan Setya Handoko SE, Direktur Bank Jateng, Yuli Prabowo SE, Kepala Dindikpora, Drs. Noor Tamami MPd, Kepala Kemenag, Dr Agus Suripto SAg MH dan tamu undangan lainnya.

Sementara peserta upacara adalah segenap pengurus PGRI Kabupaten Banjarnegara, Satgas PGRI, serta Ketua dan 3 anggota PGRI dari 21 cabang.

Dalam kesempatan tersebut, Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin SPd MPd mengapresiasi para guru, dan berharap terus berjuang untuk memajukan  pendidikan.

“Para guru, para pendidik diajak terus belajar, menyesuaikan dengan perkembangan era teknologi informasi dan tetap berkomitmen mendidik siswa menjadi manusia yang tidak saja pandai namun berkarakter “ ungkapnya.

Selesai upacara dilanjutkan dengan doa dan ziarah tokoh pendidikan Dr Sulistiyo MPd yang pernah menjabat Ketua Umum PB PGRI.

Kegiatan lain Saresehan, menghadirkan budayawan Ahmad Tohari pada Jumat siang (26/11/2021) dengan tema “Guru – Literasi – Sastra”. Hadir dalam kegiatan ini Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah Dr Muhdi beserta rombongan pengurus harian.

Budayawan Ahmad Tohari yang terkenal dengan karyanya 'Ronggeng Dukuh Paruk' menyampaikan, awali anak dengan mendengarkan dongeng maka akan munculkan imajinasi.

Dari imajinasi akan timbul rasa ingin tahu, untuk menjawab rasa ingin tahu tersebut maka anak diarahkan untuk membaca, maka dari sinilah akan timbul minat membaca.

"Syukur-syukur anak bisa tergerak untuk berlatih menuangkan idenya dalam tulisan," ucapnya.

Puncak kegiatan Jambore Guru II  Penghijauan Bukit Dr Sulistyo, Sabtu (27/11/2021)  Kegiatan penghijauan ini ditandai dengan penanaman 110 batang pohon bougenvile di kanan kiri sepanjang jalan menuju makam.

Ketua panitia, Heling Suhono SPd MM menyampaikan,  PGRI akan hijaukan bukit Sulistiyo dengan menanam 1.111 batang pohon penghijauan.

Terdiri dari 1.001 batang pohon kopi dan 110 batang pohon bougenvile. Untuk bougenvile ditanam oleh para peserta jambore di jalan menuju makam. Untuk bibit kopi serahkan kepada warga Desa Kalitengah dan warga Desa Jalatunda. Diketahui,  1.111 batang pohon penghijauan ini murni dari kas PGRI Banjarnegara.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES