Kesehatan

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Agar Sehat dan Segar

Minggu, 28 November 2021 - 13:20 | 96.86k
Ilustrasi Manfaat minyak zaitun untuk Kulit. (FOTO: Pixwox)
Ilustrasi Manfaat minyak zaitun untuk Kulit. (FOTO: Pixwox)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMinyak zaitun dikenal kaya nutrisi dan mengandung antioksidan serta lemak tak jenuh yang sehat. Dengan kekayaan itu, manfaat minyak zaitun untuk kulit dapat menjadi solusi dalam perawatan kecantikan.

Minyak zaitun akan bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah jika dioleskan secara langsung. Selain itu manfaat minyak zaitun untuk kulit di antaranya meningkatkan kelembaban kulit, membantu mengatasi terjadinya kerusakan kulit dari paparan cahaya matahari. Juga mencegah penuaan dini dan lainnya.

Untuk bisa mendapatkan beragam manfaat minyak zaitun, Anda cukup mengaplikasikannya secara langsung. Gunakan produk perawatan kecantikan yang memiliki kandungan minyak zaitun, seperti lotion atau pembersih wajah.

Kami telah merangkum dari berbagai sumber tentang asal dan manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah, tangan, dan kaki. Berikut uraiannya.

Asal Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan obat herbal. Kandungan minyak ini didapat dari buah zaitun yang memiliki nama latin Olea europaea. Pohon zaitun sendiri dikenal tumbuh subur di sejumlah daratan Mediterania.

Keberadaan minyak zaitun muncul dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter pada habitat alaminya dan hidup dalam kurun waktu lebih dari 500 tahun. 

Buah zaitun memiliki tekstur bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak Zaitun dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. 

Proses mendapatkan setetes minyak zaitun ada serangkaian proses yang harus dilalui. Berdasarkan proses ekstraksi yang dilewati dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian, yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light).

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah, Tangan, dan Kaki

1. Mencegah Oksidasi Pemicu Kanker
Minyak zaitun mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah oksidasi. Melansir dari Medical News Today, oksidasi adalah sebuah proses yang bisa menghasilkan bahan kimia, yaitu radikal bebas.

Bahan kimia tersebut dapat memicu kerusakan sel dan bisa berkontribusi terhadap perkembangan kanker. Saat mengaplikasikan ke bagian kulit wajah, maka kandungan antioksidan dalam minyak zaitun mampu mencegah penuaan dini.

Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pemakaian minyak zaitun secara langsung pada kulit yang terpapar sinar UV (matahari) bisa membantu melawan perkembangan sel-sel penyebab penyakit kanker.

Para ilmuwan melakukan penelitian dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit tikus yang terpapar sinar UV (ultraviolet) berbahaya. Hasilnya, pertumbuhan tumor pada tikus yang kulitnya telah diolesi minyak lebih rendah secara signifikan ketimbang tikus lain yang tidak diolesi.

Kendati demikian, para ilmuwan harus melakukan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut guna memahami efek dari sifat antioksidan dari minyak zaitun terhadap kulit manusia.

2. Melembabkan Kulit
Manfaat minyak zaitun untuk kulit yang cukup populer yaitu sebagai pelembab. Selain untuk kulit, minyak ini juga kerap digunakan pada rambut. Walaupun menurut penelitian bahwa efektivitasnya masih sedikit.

Sementara ahli kimia kosmetik yang juga pendiri Hop & Cotton (merek perawatan kulit), Byrdie mengatakan bahwa, manfaat minyak zaitun dapat membantu melembabkan kulit. Serta mengurangi risiko kulit kehilangan air.

Itu artinya kondisi tersebut dapat membantu kulit dalam meningkatkan kandungan air. Dengan begitu maka kesehatan kulit pun akan meningkat sehingga wajah terlihat lebih segar dan sehat.

3. Mengandung anti-bakteri
Kandungan anti-bakteri membuat minyak zaitun bermanfaat untuk kulit. Meski begitu, hanya sedikit penelitian yang berpendapat bahwa minyak zaitun mampu mengendalikan bakteri pada kulit.

Studi kecil itu melihat efek dari penggunaan minyak kelapa dan minyak zaitun pada bakteri Staphylococcus aureus yang terdapat pada kulit.

Hasil studi tersebut menunjukkan jika kedua jenis minyak tersebut memiliki sifat antibakteri, namun minyak kelapa yang murni ternyata lebih efektif menghilangkan bakteri.

Walaupun demikian, manfaat minyak zaitun untuk kulit, bisa sebagai obat kulit yang terinfeksi bakteri. Hal ini dapat meningkatkan penyembuhan borok pada kaki akibat diabetes atau gula darah tipe 2.

4. Membantu mengobati luka
Manfaat minyak zaitun lainnya, dapat membantu mengobati luka pada wajah, termasuk bekas jerawat. Menurut Shandy Skornicki, seorang dokter kulit bersertifikasi, minyak zaitun juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk penyembuhan luka.

Ia menjelaskan, kandungan triterpenoid dalam banyak tumbuhan, khususnya zaitun, mampu membantu terhadap reaksi biologis yang dalam proses penyembuhan luka. Yaitu migrasi sel, deposisi kolagen, dan proliferasi sel.

5. Mengatasi Masalah Kesehatan Kulit
Manfaat minyak zaitun untuk kulit lainnya yaitu membantu mengatasi kesehatan kulit yang bermasalah. Kandungan vitamin A, vitamin D, E, dan vitamin K pada minyak tersebut akan larut di dalam lemak.

Beberapa dari vitamin tersebut mungkin bisa memberikan manfaat yang lebih bagi kesehatan kulit. Seperti mencegah penuaan dini, dan mengurangi stres oksidatif yang dialami kulit.

Termasuk membantu mengobati masalah kesehatan pada kondisi kulit lainnya, seperti eksim dan psoriasis.

6. Mengangkat Riasan Wajah
Ahli bedah plastik estetika, Paul Lorenc mengatakan, salah satu dari manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah adalah memecah substansi yang bertekstur lilin pada kulit dari riasan wajah. Seperti eyeliner dan maskara yang tahan air.

Menurut Paul, squalene dan antioksidan dari minyak zaitun menghidrasi kulit sehingga dapat membantu melembabkan kulit yang tipis pada area mata.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa menambah nutrisi bulu mata, sama halnya seperti kondisioner yang bekerja menutrisi rambut.

Minyak zaitun mampu mengangkat riasan pada wajah sekaligus memindahkan residu di kulit yang larut dalam minyak. Seperti sabun dan produk riasan. Namun, untuk membersihkan riasan secara maksimal, Anda memerlukan surfaktan.

Karena membersihkan wajah dari riasan secara menyeluruh itu penting. Gunakan sabun wajah saat melakukan tahapan pembersihan yang terakhir.

7. Menghilangkan flek hitam
Minyak zaitun juga bisa menghilangkan flek hitam. Vitamin dan antioksidan lain dalam minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka dengan membantu sel-sel kulit beregenerasi.

Cukup pijat minyak murni ke bintik hitam atau campur dengan perasan jus lemon untuk mengobati area hiperpigmentasi.

8. Melembutkan bibir pecah-pecah
Oleskan sedikit minyak zaitun pada bibir sebelum keluar dalam cuaca dingin agar tidak mengelupas. Tambahkan sedikit gula ke minyak zaitun dan buat scrub bibir.

Itulah manfaat minyak zaitun untuk kulit yang perlu Anda ketahui. Harapannya, Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun bagi kesehatan kulit dan merasakan manfaat penggunaannya.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES