Peristiwa Nasional

Menko Marves RI: G20 Bukan Hanya Showcase Kemajuan Ekonomi Indonesia

Sabtu, 27 November 2021 - 07:50 | 28.23k
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menjadi narasumber dalam jumpa pers bertemakan 'Menyambut Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022'.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menjadi narasumber dalam jumpa pers bertemakan 'Menyambut Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022'.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves RI) Luhut Binsar Pandjaitan menjadi salah satu narasumber dalam jumpa pers bertemakan 'Menyambut Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022' pada Jumat (26/11/2021) kemarin.

Dalam acara yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) secara virtual itu, ia menyatakan, G20 bukan saja menjadi ajang showcase kemajuan sosial ekonomi Indonesia, tetapi juga menjadi ajang pengenalan budaya Nusantara kepada dunia.

"Dalam pandangan saya, Indonesia sebagai negara tuan rumah G20 menyiratkan bahwa kita ingin meningkatkan pengakuan, pengaruh, dan kekuatan secara global, tapi di sisi lain mereka (negara mitra) juga menunggu peningkatan peran regional dan global kita," ujar Luhut dikutip dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/11/2021). 

Menko Marves luhut 2

Lebih jauh, Luhut mengatakan bahwa menjadi negara tuan rumah dalam presidensi G20 pada tahun 2022 dapat memainkan peran penting dalam pemulihan pascapandemi Indonesia. "Kita harus memanfaatkan momentum untuk membuka potensi Indonesia dan mempromosikan kemajuan pembangunan kita ke dunia," tukasnya optimis.

Beberapa hal yang akan menjadi fokus pemerintah Indonesia saat ini mencakup beberapa sektor yang terdampak Pandemi Covid-19, seperti sektor pariwisata dan usaha mikro-kecil-menengah (UMKM).

Selain itu, Indonesia juga akan menunjukkan inisiatifnya menuju pembangunan berkelanjutan sebagaimana telah disepakati bersama dalam Perjanjian Paris, seperti transisi energi dan penggunaan kendaraan listrik. Tetapi, inisiatif tersebut tidaklah cukup. 

"Mengikuti promosi apa yang telah kita lakukan, kita juga harus mampu menangkap minat global yang meningkat untuk berinvestasi di Indonesia dengan menciptakan peluang investasi yang selaras dengan tujuan pembangunan nasional," ucap Menko Luhut.

Menko Marves luhut 3

Sebagai informasi, acara ini juga menghadirkan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate sebagai moderator dan beberapa narasumber lain seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Menkeu Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi, Gubernur BI Perry Warjiyo, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Memiliki visi yang jelas, acara ini diadakan sebagai bentuk sosialisasi dan diseminasi informasi mengenai makna penting penunjukkan Indonesia sebagai Ketua G20 serta manfaatnya bagi kemajuan perekonomian Indonesia.

"Kita ingin mengajak media untuk bekerja sama dalam menyukseskan presidensi G20. Di acara ini, kita dapat saling berdiskusi dan melakukan tanya jawab mengenai diseminasi informasi G20 nanti," tandas Menkominfo Johnny G. Plate di acara bersama Menko Marves RI. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES