Ekonomi

Bandara Ngloram Layani Penerbangan Komersial, Citilink Layani Jakarta – Blora PP

Jumat, 26 November 2021 - 22:07 | 40.76k
Bandara Ngloram Layani Penerbangan Komersial, Citilink Layani Jakarta – Blora PP
Bandara Ngloram resmi melayani penerbangan komersial dengan maskapai Citilink. Turut sebagai penumpang pertama dari Jakarta, yakni Bupati Blora, H. Arief Rohman, dan pejabat Kemenhub. (Foto: Arief Pramono/Times Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BLORABandara Ngloram yang berlokasi di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, resmi melayani penerbangan komersial perdana, Jumat (26/11/2021). Rute penerbangan dengan maskapai Citilink itu, terbang dari Halim Perdana Kusuma Jakarta – Ngloram Cepu Blora PP.

Pengoperasian kembali bandara itu, tentu disambut gembira banyak pihak. Sebab bandara setempat, sempat mangkrak puluhan tahun. Kemudian direvitalisasi sejak tahun 2018 oleh Kementerian Perhubungan bersama Pemprov Jateng dan Pemkab Blora. 

Kini di pekan terakhir November 2021, Bandara Ngloram resmi melayani penerbangan komersial dengan maskapai Citilink. Turut sebagai penumpang pertama dari Jakarta, yakni Bupati Blora, H. Arief Rohman, para pejabat Kementerian Perhubungan, anggota DPR RI, Direktur Citilink, dan beberapa undangan Diaspora Blora dan masyarakat umum.

Sedangkan pesawat yang digunakan dalam penerbangan perdana ini, yakni ATR-72. Tepat pukul 09:55 WIB, pesawat lepas landas dari Halim. Kemudian mendarat dengan mulus di landasan Bandara Ngloram pukul 11:30 WIB.

Uji-Terbang-Ehang-216-a.jpgApresiasi penerbangan pertama untuk penumpang umum, juga berdatangan dari beberapa kepala daerah, pengusaha, termasuk para awak media nasional dan Diaspora Blora.(Foto; Arief Pramono/Times Indonesia)

Setibanya di Ngloram, tamu disambut dengan pengalungan untaian bunga dan pertunjukan kesenian Barongan Blora dari Desa Kedungtuban. 

Sebelum memasuki terminal kedatangan, para tamu menyampaikan diri berfoto bersama dengan latar belakang pesawat Citilink.

Turut hadir menyambut pesawat penerbangan perdana ada Wakil Bupati Blora, Bupati Grobogan, Bupati Rembang, perwakilan Bupati Bojonegoro, Tuban dan Ngawi, bersama jajaran Forkopimda Blora.

Apresiasi penerbangan pertama untuk penumpang umum, juga berdatangan dari beberapa kepala daerah, pengusaha, termasuk para awak media nasional dan Diaspora.

Sesditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Nur Isnin Istiartono mengaku bangga atas beroperasinya kembali lapangan terbang di Kabupaten Blora ini.

“Selamat Pak Bupati dan jajarannya. Kami mewakili Pak Menteri Perhubungan sangat mendukung beroperasinya kembali Bandara ini. Ini bukan bandara baru,” katanya.

Menurut Nur Isnin, lapangan terbang khusus tahun 1970-an yang non aktif pada tahun 1984 an itu, diaktifkan kembali dengan Pemerintah Pusat sebagai Bandara Komersial atau untuk umum. “Semoga bermanfaat untuk mendukung konektivitas daerah dan mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Grobogan, Sri Sumarni, dan Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang hadir secara langsung untuk menyambut penerbangan perdana, juga turut mengungkapkan dukungannya pada Bandara Ngloram.

Uji-Terbang-Ehang-216-b.jpgPesawat yang mengangkut rombongan dalam penerbangan perdana ini pada 09:55 WIB lepas landas dari Halim dan mendarat di landasan Bandara Ngloram Blora pukul 11:30 WIB. (Foto: Arief Pramono/Times Indonesia) 

“Kami bersama Pak Bupati Rembang mengucapkan selamat kepada Blora atas beroperasinya Bandara Ngloram di Cepu. Tentunya ini tidak hanya untuk Blora saja, namun juga untuk daerah di sekitarnya termasuk Grobogan dan Rembang. Semoga semakin mewarnai pilihan transportasi bagi masyarakat dan membuka peluang investasi daerah,” ungkap Sri Sumarni.

Di lain pihak, Anggota Komisi IX DPR RI, Dapil III Jateng, Edy Wuryanto yang ikut dalam penerbangan perdana ini, juga mengucapkan selamat dan turut bangga atas dibukanya penerbangan komersial.

“Kami sangat mendukung adanya Bandara di Kabupaten Blora ini yang sebelumnya jauh dari Semarang, Solo, maupun Surabaya. Tengahnya ya di Cepu Blora ini. Kita berharap Cepu Blora akan menjadi pusat ekonomi baru di perbatasan Jateng – Jatim,” ucapnya.

Tak ketinggalan, Hardy Classic salah satu Diaspora Blora yang juga pengusaha interior mobil sukses di Jakarta, juga merasa bangga bisa secepat ini pulang kampung.

“Dulu saya dari Jakarta ke Blora naik motor 20 jam, kemudian sejak ada tol sekitar 10 sampai 12 jam. Kini justru tinggal 1,5 jam sudah sampai Blora. Hebat Pak Bupati. Ini kemajuan untuk Blora, sejarah baru,” ungkap Hardy, Diaspora asli Tunjungan Blora yang juga youtuber.

Bupati Blora, H. Arief Rohman pun mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengaktifan kembali Bandara dan pembukaan penerbangan perdana ini.

“Terimakasih kepada seluruh pihak, baik Pusat maupun Daerah. Awalnya penerbangan ini akan ada subsidi dari pemerintah, namun atas berbagai masukan akhirnya tidak jadi subsidi dan langsung dilempar ke masyarakat. Alhamdulillah penumpang nya tadi penuh dan ini nanti kembali ke Jakarta juga hampir penuh. Penerbangan akan dilayani setiap Jumat dan Senin, sepekan dua kali,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, bandara ini tidak hanya milik Blora namun merupakan kado dari pemerintah pusat kepada beberapa Kabupaten di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Oleh karena itu kali ini kami undang para Bupati pimpinan daerah di sekitar Blora. Ini merupakan akses transportasi udara untuk kawasan. Semoga bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi kawasan Blora, Rembang, Grobogan, Ngawi, Bojonegoro, dan Tuban. Kita optimistis kawasan ini akan menjadi pusat ekonomi baru. Apalagi banyak proyek strategis nasional di kawasan ini,” papar bupati.

Kedepan, Bupati Arief Rohman mengaku masih punya PR lagi untuk memperpanjang landasan, dan juga fasilitas-fasilitas lainnya.
“Kami mohon berkenan untuk Pak Sesditjen bisa sinergi dengan Pemkab Blora, Pemprov Jawa tengah untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di bandara ini,” kata dia.

Adapun Kepala Bandara, Ariadi Widiawan menambahkan, untuk sementara ini penerbangan baru dilaksanakan sepekan dua kali yakni Jumat dan Senin, PP. Untuk jam penerbangan dan harga tiketnya bisa dibuka langsung di aplikasi pembelian tiket pesawat.

Usai seremonial penyambutan kedatangan penerbangan, dilanjutkan dengan pemberangkatan penerbangan selanjutnya dari Bandara Ngloram menuju Bandara Halim Perdana Kusuma. 

Dalam kesempatan penerbangan ini, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati bersama keluarga, menjadi penumpang berikutnya menuju Jakarta. Rombongan bersama masyarakat dari Blora, Bojonegoro dan sekitarnya terbang ke Halim Perdana Kusuma. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • Dandim 0612/Tasikmalaya Tinjau Vaksin Anak di Puskesmas
    Dandim 0612/Tasikmalaya Tinjau Vaksin Anak di Puskesmas
    28/01/2022 - 22:41
  • BNPT Sebut Ada Ratusan Pesantren Terafiliasi Terorisme, PBNU Minta Paparkan Nama
    BNPT Sebut Ada Ratusan Pesantren Terafiliasi Terorisme, PBNU Minta Paparkan Nama
    28/01/2022 - 22:33
  • Beri Efek Jera, Kemendag Tindak Pelaku Usaha Robot Trading Ilegal
    Beri Efek Jera, Kemendag Tindak Pelaku Usaha Robot Trading Ilegal
    28/01/2022 - 22:25
  • Rayakan Ulang Tahun Ke-3, Ayom Java Village Berbagi Kasih ke Panti Asuhan
    Rayakan Ulang Tahun Ke-3, Ayom Java Village Berbagi Kasih ke Panti Asuhan
    28/01/2022 - 22:12
  • Ziarah Makam Wakil Wali Kota, Habib Hadi: Almarhum Sangat Disiplin, Ulet dan Teliti
    Ziarah Makam Wakil Wali Kota, Habib Hadi: Almarhum Sangat Disiplin, Ulet dan Teliti
    28/01/2022 - 22:06

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Skipjack : Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24

KOPI TIMES

  • Islam Wasathiyah, Ulama dan Melawan Terorisme
    Islam Wasathiyah, Ulama dan Melawan Terorisme
    28/01/2022 - 13:23
  • Menunggu Standardisasi Materi Pendidikan Pancasila
    Menunggu Standardisasi Materi Pendidikan Pancasila
    28/01/2022 - 11:20
  • Kepemimpinan Muhammadiyah Bersifat Ilahiyah
    Kepemimpinan Muhammadiyah Bersifat Ilahiyah
    28/01/2022 - 03:33
  • Kepalsuan, Diracik Nama Tuhan
    Kepalsuan, Diracik Nama Tuhan
    27/01/2022 - 16:10
  • Jalan Terjal Tenaga Kerja Lulusan Baru
    Jalan Terjal Tenaga Kerja Lulusan Baru
    26/01/2022 - 18:36
  • Menyulam Demokrasi Sejuk, Menatap Pemilu Kasih Sayang
    Menyulam Demokrasi Sejuk, Menatap Pemilu Kasih Sayang
    26/01/2022 - 13:22
  • Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    26/01/2022 - 12:34
  • Paradigma Pemikiran dan Kontinuitas Tradisi Intelektual di Pesantren
    Paradigma Pemikiran dan Kontinuitas Tradisi Intelektual di Pesantren
    26/01/2022 - 09:14

KULINER

  • Coto Makassar Widodaren, Gurihnya Bikin Nagih
    Coto Makassar Widodaren, Gurihnya Bikin Nagih
    28/01/2022 - 12:41
  • Skipjack : Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack : Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Sambut Imlek, Nikmati Segarnya Yu Sheng di Genki Sushi Tunjungan Plaza Surabaya
    Sambut Imlek, Nikmati Segarnya Yu Sheng di Genki Sushi Tunjungan Plaza Surabaya
    28/01/2022 - 01:22
  • Resep Viral Tiktok, Crab Rangoon yang Gurih dan Garing
    Resep Viral Tiktok, Crab Rangoon yang Gurih dan Garing
    27/01/2022 - 10:01
  • Lezatnya Nasi Liwet Sampai Terbawa Mimpi
    Lezatnya Nasi Liwet Sampai Terbawa Mimpi
    27/01/2022 - 06:21