Pendidikan

SOTH Lamongan Luluskan Ratusan Orang Tua Hebat

Jumat, 26 November 2021 - 18:22 | 54.72k
Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachsin mewisuda 116 ibu-ibu siswa Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Kabupaten Lamongan di Gedung Lestari Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Jumat (26/11/2021), (FOTO: Prokopim Lamongan for TIMES Indonesia)
Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachsin mewisuda 116 ibu-ibu siswa Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Kabupaten Lamongan di Gedung Lestari Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Jumat (26/11/2021), (FOTO: Prokopim Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANLamongan menjadi pilot project Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) sejak Bulan Juni 2021.

Saat ini sekolah ini telah berhasil meluluskan 116 orang tua hebat angkatan pertama, Jumat (26/11/2021) di Gedung Lestari Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur.

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachsin mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ibu-ibu, siswa lulusan SOTH Kabupaten Lamongan.

Menurutnya, karena telah mau memberikan waktu, tenaga, pikiran, keseriusan, komitmennya untuk menyelesaikan SOTH.

ibu-ibu-siswa-Sekolah-Orang-Tua-Hebat-2.jpg

“Bagi saya semua orang tua, ibu dan ayah adalah orang tua hebat, tapi mengapa kita merasa perlu ada SOTH ini? Yakni mengelola insting menjadi orang tua yang sudah dikaruniai Tuhan dipadukan dengan teori tentang parenting yang terstruktur hasilnya menjadi paripurna,” tutur Arumi Bachsin.

Menurut Arumi, keberadaan SOTH dapat menyeragamkan sistem parenting, sehingga orang tua memiliki referensi dalam pola pengasuhan dan tidak menjadikan anak sebagai trial eror.

“Saya pikir, pola pengasuhan yang saya lakukan 7 tahun lalu (anak pertama) sudah baik. Ternyata setelah banyaknya membaca, referensi parenting, teori-teori hasil penelitian ternyata masih kurang. Seharusnya SOTH ini sudah harus ada 7 tahun lalu. SOTH ini luar biasa,” tuturnya.

Kepada seluruh peserta SOTH Kabupaten Lamongan yang telah lulus, Arumi berharap agar tetap terus menerapkan pembelajaran dan menyebarluaskan ilmu-ilmu pengasuhan yang telah didapatkan sebagai Orang Tua Balita penerus Bangsa Indonesia.

ibu-ibu-siswa-Sekolah-Orang-Tua-Hebat-3.jpg

Arumi juga berharap kepada Pemkab Lamongan untuk terus mendukung program SOTH sebagai bentuk komitmen dalam mempersiapkan generasi berkualitas  yang siap menerima estafet pembangunan.

Sebagai bentuk dukungan dan support program SOTH di Kabupaten Lamongan, hadir bersama Ketua TP PKK Lamongan Anis Kartika, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengaku, telah memasukkan program ini pada anggaran tahun 2022.

Menurutnya, ini sebagai bentuk pengembangan kegiatan SOTH agar terus berjalan dan memberi kemanfaatan berkelanjutan bagi generasi emas Lamongan.

“Mengingat program ini sangat bermanfaat, Pemkab Lamongan jelas akan terus mendukung program ini, bahkan sudah dimasukkan pada tahun anggaran 2022 sebagai upaya pengembangan SOTH agar dapat terus dijalankan di Lamongan,” ujar Pak Yes.

SOTH merupakan program unggulan yang digagas oleh BKKBN Jawa Timur untuk mencetak orang tua cerdas dan terampil dalam mengasuh anak. 

"Ada 5 kecamatan yang dipilih sebagai pilot project SOTH Kabupaten Lamongan, diantaranya Lamongan, Sukodadi, Kalitengah, Kembangbahu Dan Sarirejo dengan didampingi oleh tenaga professional dari akademisi," kata Pak Yes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES