Indonesia Positif

Rencana Vaksinasi Anak di Bawah 12 Tahun untuk Kota Malang, Bakal Terlaksana 2022

Jumat, 26 November 2021 - 17:40 | 36.89k
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGVaksinasi Covid-19 bagi anak di bawah 12 tahun nampaknya bakal segera terlaksana. Sebab, rencana tersebut untuk di Kota Malang bakal diproyeksikan di tahun 2022 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, untuk saat ini siswa SD kelas satu hingga lima tengah menjalani Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

"Perkiraan dimulai vaksinasi anak usia di bawah 12 tahun tahun depanlah, setelah BIAS selesai. BIAS ini kan sekitar Februari 2022 selesai," ujar Husnul, Jumat (26/11/2021).

Akan tetapi, kata Husnul, pendataan jumlah sasaran vaksinasi anak di bawah 12 tahun kini tengah berjalan. Pendataan sendiri dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang.

"Jadi Disdikbud yang menyampaikan format persetujuan vaksinasi Covid-19 untuk anak didiknya. Format itu akan dikumpulkan. Yang setuju itu yang menjadi sasaran kami untuk vaksin," bebernya.

Perlu diketahui, sesuai data yang ada, untuk anak di bawah 12 tahun, khususnya di usia 6 hingga 12 tahun di Kota Malang, terdapat sekitar 90.000 anak. Hal ini tentunya lebih banyak dari data anak vaksinasi diatas usia 12 tahun, yakni 45.000 anak.

Pentingnya persetujuan dari orang tua, lanjut Husnul, dikarenakan vaksinasi anak di bawah 12 tahun ini juga rentan dilakukan.

"Untuk vaksin ini harus ada persetujuan orang tua. Harapannya kalau bisa akhir tahun ini sasaran vaksinasi anak di bawah 12 tahun sudah tertera jumlahnya," tuturnya.

Untuk ketersediaan vaksin, Husnul masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Ia masih belum mengetahui mekanisme dropping seperti apa yang diterima nantinya.

"Yang pasti pemerintah menjamin ketersediaan vaksin. Tapi dropping memang belum dilakukan  saat ini," katanya terkait rencana vaksinasi Covid-19 bagi anak di bawah 12 tahun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES