Indonesia Positif

Mahasiswa Manajemen Unipma Madiun Beri Pelatihan Kelompok UMKM Desa Tempursari

Jumat, 26 November 2021 - 16:34 | 47.73k
Mahasiswa KKN manajemen saat memberikan pelatihan UMKM Desa Tempursari Madiun. (Foto: Tim KKN Manajemen for Times Indonesia)
Mahasiswa KKN manajemen saat memberikan pelatihan UMKM Desa Tempursari Madiun. (Foto: Tim KKN Manajemen for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Tim KKN Pengabdian Masyarakat Program Studi Manajemen Unipma Madiun memberikan pelatihan kepada ibu-ibu Kelompok UMKM Desa Tempursari, Kabupaten Madiun pada Minggu, 21 November 2021. Tema pelatihan adalah upaya membangun UMKM Desa Tempursari menjadi berdikari.  Dalam pelatihan ini diikuti enam peserta. 

Ketua KKN Siska Dwi Anggita Putri mengatakan, pogram KKNT Abdimas ini dilaksanakan untuk membentuk struktur badan Sentra Olahan Keletan di Desa Tempursari. 

Siska menjelaskan, tahap awal yang dilakukan adalah  mempersiapkan UMKM berbadan hukum melalui kepemilikan NIB yang selanjutnya dapat diajukan memiliki PIRT dan sertifikasi halal MUI. 

Dengan adanya P-IRT, UMKM tidak perlu khawatir lagi karena bisa menjangkau pasar atau memasarkan produknya di berbagai tempat tanpa khawatir legalitas dipertanyakan, serta mendapat kepercayaan konsumen. 

Menurutnya, sering dijumpai banyak jenis usaha UMKM yang  mencampur keuangannya dengan finansial rumah tangga. Maka dari itu selain  kegiatan pembuatan NIB, kami  kelompok KKN Abdimas Unipma juga memberi gambaran dan pelatihan pengelolaan laporan keuangan sederhana untuk pelaku UMKM agar mampu memisahkan keuangan rumah tangga dan permodalan. 

"Harapan kami ke kepannya, KKN ini dapat bermanfaat bagi UMKM khususnya di Desa Tempursari. Dan juga bisa menjadikan KKN lanjutan untuk adik tingkat kami sehingga dapat meneruskan program kerja yang belum sempat kami realisasikan  dan memberikan kontribusi Desa Tempursari agar menjadi Sentra Olahan Keletan di Kabupaten Madiun," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES