Indonesia Positif

BPP Kostratani Lamongan Gelar Tanam Serentak

Jumat, 26 November 2021 - 16:18 | 63.05k
Geliat petani dalam rangkaian kegiatan tanam padi serentak di BPP Kostratani Sugio. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Geliat petani dalam rangkaian kegiatan tanam padi serentak di BPP Kostratani Sugio. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN BPP Kostratani Lamongan dengan pendampingan BBPP Batu melakukan tanam serentak.

Kegiatan ini sebagai langkah untuk mengamankan stok bahan pangan. Mentan RI Syahril Yasin Limpo terus memastikan stok pangan aman hingga Agustus 2022.

Menteri memerintahkan jajaran Kementerian Pertanian  untuk memantau dan mengawal produksi terutama selama masa pandemi covid 19 ini.

“Kami bersama seluruh jajaran Kementan optimal menyediakan stok pangan, Insya Allah aman. Neraca kita dari 11 pangan dasar yang ada terjaga dengan baik. Tentu saja kita berharap distribusinya juga bisa lancar sehingga stabilisasi harga bisa dilakukan. Ini untuk seluruh Indonesia,” ujar Mentan Syahrul. 

Upaya untuk menjamin ketersediaan pangan salah satunya dengan melakukan pendataan luas panen serta terus mengiatkan kegiatan petani yang ada di setiap Kostratani. Termasuk kostratani yang ada di Kabupaten Lamongan dengan pendampingan dari BBPP Batu.

sawah.jpg

Senada apa yang disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi juga menambahkan peran penyuluhan pertanian di saat pandemi Covid-19 sangatlah penting. 

Para penyuluh pertanian diminta selalu aktif dan produktif mendampingi petani agar proses budidaya di lahan masing-masing panen dan prosesnya berjalan dengan baik, jangan sampai ada pangan yang tertahan. 

Sumardi, SP yang juga koordinator BPP Sugio mengatakan, bersama dengan petani akan terus genjot target luas tanam padi, Unit Pelaksana Teknis Pelaksana Penyuluh Pertanian Sukodadi melalui BPP Kostratani Sugio secara serempak melaksanakan kegiatan tanam padi musim penghujan.

Target Luas tanaman padi pada musim penghujan tahun 2021/2022 di Kecamatan Sugio seluas 5.373 ha. 

Sementara itu penyuluh pertanian dari BPP Sugio, Benny, mengungkapkan sebelum dilakukan penanaman, lahan harus sudah diolah secara baik dengan menggunakan hand traktor.

Ia berharap tanam serentak yang dilaksanakan BPP Kostratani Lamongan dengan pendampingan BBPP Batu ini dapat berjalan lancar hingga sukses panen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES