Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Gadis Arab Saudi Meninggal Usai Khatam Alquran

Jumat, 26 November 2021 - 16:55 | 96.44k
Sebuah tautan tentang seorang gadis asal Arab Saudi meninggal setelah khatam Alquran yang beredar di media sosial.
Sebuah tautan tentang seorang gadis asal Arab Saudi meninggal setelah khatam Alquran yang beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar tautan/link disertai foto di dalamnya, yang diklaim seorang gadis asal Arab Saudi meninggal setelah khatam Alquran. Postingan tersebut diunggah oleh akun Facebook Mhmmd Aldi Herdiansyah pada 23 November 2021. 

Akun Mhmmd Aldi Herdiansyah membagikan link atau tautan itu pada grup publik Story RX King yang beranggotakan 149,8 ribu akun Facebook.

Ada dua foto yang terlihat dalam link parliament.my.id. Foto pertama menunjukkan seorang perempuan berjilbab di dalam mobil. Sedangkan foto lainnya, menunjukkan seorang perempuan sedang terbaring.

Berikut narasi yang disertakan oleh pengguna akun  Mhmmd Aldi Herdiansyah:

Innalillahi, Gadis Ini Meninggal Usai Khatam Al-Quran 30 Juz,,Semoga Husnol Khotimah Aminn 

cek fakta Gadis Arab Saudi Meninggal Usai Khatam AlquranSumber: Facebook (https://www.facebook.com/groups/375216683706221/posts/489175348977020)

Dalam tautan artikel yang dibagikan (http://www.parliament.my.id/2021/11/innalillahi-gadis-ini-meninggal-usai.html?m=1), isinya disebutkan gadis asal Arab Saudi meninggal setelah menghafal 30 juz Alquran. Disebutkan pula, gadis berusia 15 tahun, meninggal sehari sebelum ia mendapatkan penghargaan dari sekolahnya karena berhasil menghafal isi Alquran.

Benarkah demikian?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, foto yang klaim gadis meninggal usai khatam Alquran, keliru. Kami menelusuri menggunakan alat bantu dan menemukan fakta perempuan dalam foto itu meninggal bukan setelah khatam Alquran.

Dengan menggunakan reverse image, ditemukan foto identik dalam artikel yang dimuat liputan6.com berjudul "Detik-Detik Aisyah Bahar Wafat Saat Baca Alquran". Artikel tersebut dimuat pada 9 Januari 2018. 

Dijelaskan dalam artikel tersebut, Aisyah Bahar adalah perempuan yang pernah sebagai mahasiswa Universitas Hasanuddin angkatan 2012. Ia dikenang dikenang sebagai perempuan muda yang cantik, pintar, dan taat beragama.

Perempuan yang akrab disapa Ica viral karena tiba-tiba meninggal dunia ketika sedang membaca Alquran. Ica meninggal pada Kamis, 4 Januari 2018 usai melaksanakan salat subuh.

Ayah Ica, Andi Bahar Jufri mengatakan, sebelum anaknya meninggal dunia, ia sempat bangun untuk menunaikan salat malam. Putrinya juga sedang menjalankan puasa sunah.

Ica bahkan sempat pergi ke masjid untuk menunaikan salat subuh berjamaah. Usai salat subuh, Ica kemudian mengaji. Ia sempat meminta kepada bapaknya untuk mengoreksi jika bacaannya salah.

Tak lama setelah membaca Surat Al-Mutaffifin, Ica kemudian memeluk bapaknya. Ia meminta kepada bapaknya agar menuntun bacaan syahadat.

"Tiba-tiba ia memeluk saya dan minta dituntun membaca syahadat. Setelah itu ia meninggal dunia," kenang Jufri.

Disebutkan, pada hari Ica meninggal dunia, ia baru akan bekerja di Universitas Hasanuddin. Dia diterima bekerja di Laboratorium Reproduksi Ternak.

Aisyah dimakamkan di pekuburan keluarga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Moncongloe, Maros, Sulawesi Selatan, Kamis, 4 Januari 2017 sekitar pukul 16.30 Wita.

cek fakta Gadis Arab Saudi Meninggal Usai Khatam Alquran 2Sumber: Detik-Detik Aisyah Bahar Wafat Saat Baca Alquran | Liputan6

Kami juga menemukan, pemeriksaan atas klaim serupa pernah dilakukan cek fakta tempo.co pada 23 Juli 2021 (Keliru, Berita Gadis Arab Saudi Meninggal Dunia Setelah Berhasil Menghafal Al-Quran | Tempo).

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim gadis asal Arab Saudi meninggal setelah khatam Alquran, keliru. Faktanya, perempuan dalam foto itu bernama Aisyah Bahar asal Indonesia. Ia meninggal usai menunaikan salat subuh dan mengaji.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES