Peristiwa Nasional

Gibran Mau Adopsi Sumur Resapan DKI Jakarta, Ini Kata Pengamat Kebijakan Publik

Jumat, 26 November 2021 - 16:04 | 69.32k
Pengamat Kebijakan Publik Amir Hamzah. (FOTO: RMOL)
Pengamat Kebijakan Publik Amir Hamzah. (FOTO: RMOL)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Watch (BMW) Amir Hamzah mendorong pemerintah daerah (Pemda), khususnya di daerah rawan banjir untuk mengadopsi sumur resapan atau drainase vertikal yang diprogramkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Amir Hamzah menyampaikan hal itu, sekaligus sebagai respons atas rencana Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang akan mengadopsi sumur resapan untuk menanggulangi banjir di Kota Solo seperti dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Bukan saja Gibran dan Pemkot Solo, Pemda lain pun bisa saja mengadopsi konsep tersebut. Memang di banyak kota termasuk di luar negeri membuat sumur resepan bisa mempercepat surutnya banjir," ucap Amir Hamzah kepada TIMES Indonesia, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Apalagi kata dia, sumur resapan yang sudah dibangun dibayak titik di Jakarta sudah bisa dilihat efektifitasnya dalam menanggulangi banjir Ibu Kota, khususnya di wilayah-wilayah rawan banjir, seperti Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

"Dari hasil pantauan saya, dengan cepat surutnya genangan banjir menunjukkan bahwa pembuatan sumur resapan ini telah menunjukkan efektifitasnya," ungkap Amir Hamzah.

Diakui, efektifitas sumur resapan di Jakarta tentu dipengaruhi banyak faktor, seperti faktor teknologi hingga kondisi alam, juga tergantung pada kepedulian masyarakat untuk ikut melakukan pemeliharaan terhadap sumur resapan tersebut. 

"Sebagai warga Jakarta kita bangga kalau hasil kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini mau diadopsi Pemda lain. Memang harus diakui banjir tidak mungkin hilang karena merupakan fenomena alam yang bersifat aksioma. Walaupun dampaknya berbeda-beda dan dampak itu tergantung manusia merespons kondisi alam tersebut," ucap Amir Hamzah.

Untuk diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terang-terangan mengaku tertarik untuk mengadopsi sumur resapan milik Guberur DKI Jakarta Anies Basweda. Sumur itu rencananya bakal dibangun di sejumlah titik guna mengantisipasi terjadinya banjir di Kota Solo akibat curah hujan yang tinggi.

"Kita lihat dulu. Ada beberapa titik yang mungkin membutuhkan untuk sumur resapan," ungkap Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka seperti diberitakan Suara, jaringa portal berita nasional TIMES Indonesia , Rabu, 24 Noveber 2021.

Rencana sumur resapan tersebut muncul setelah adanya usulan dari berbagai pihak setelah beberapa titik di wilayah Kota Solo tergenang banjir. "Saya akan lihat dan muter ke lokasi dulu. Memang ada beberapa lokasi yang diperlukan sumur resapan," ungkap Putra Sulung Presiden RI Joko Widodo tersebut.

Rencana Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tersebut direspon baik oleh Pengamat Kebijakan Publik Amir Hamzah. Bahkan, dia juga menyarankan agar daerah lain, khusunya di daerah rawan banjir juga mengadopsi sumur resapan milik Pemprov DKI Jakarta itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES