Peristiwa Nasional

Lewat Formula E, Anies Baswedan Perkenalkan Indonesia kepada Dunia

Jumat, 26 November 2021 - 15:57 | 27.66k
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (FOTO: Pemrov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (FOTO: Pemrov DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan, persiapan pelaksanaan Formula E dipastikan berjalan dengan baik.

"Hari Rabu lalu kami bertemu Alberto Longo pimpinan Formula E, Pak Bambang Soesatyo ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bapak Sahroni Sekjen IMI, dan Pak Widi Dirut Jakpro," tulis Anies di akun media sosial resminya Jumat (26/11/2021).

Ia menjelaskan, kegiatan Formula E pada 4 Juni 2022 akan diselenggarakan dengan berkolaborasi. Kata dia, nantinya akan ada Steering Committee yang dipimpin langsung oleh Ketua IMI.N"Lalu Organizing Committee yang dipimpin Sekjen IMI, dan Operasional Pelaksanaan akan dikerjakan Jakpro," katanya.

Mantan Mendikbud RI itu berharap, dengan kolaborasi ini event Formula E akan berjalan sukses dan lancar. Terlebih IMI telah berpengalaman dalam menyelenggarakan event balapan, baik itu roda dua, roda empat, maupun yang lainnya.

"Melalui suksesnya gelaran Jakarta E-Prix kita bisa kirimkan pesan kepada dunia bahwa Indonesia bangkit dan siap menjadi bagian dari dunia global dan kita setara dengan negara lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo menyampaikan, penentuan lokasi sirkuit Formula E tetap akan dilakukan oleh IMI sebagai perpanjangan tangan dari Fédération Internationale de l'Automobile/FIA atau Federasi Olahraga Mobil Dunia.

Saat ini, ada lima lokasi pilihan yang sudah disurvei pihak Formula-E, yakni Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS) dan kawasan Ancol.

Menurutnya, kemarin Alberto Longo, Co-Founder dan Chief Championship Formula E Operations (FEO), berharap dapat bertemu Presiden Joko Widodo atas permohonan Gubernur Anies untuk meminta arahan terkait lokasi mana yang paling tepat untuk lokasi sirkuit Formula-E mengingat ini adalah event internasional

"Salahnya di mana? Justru saya menilai hal itu merupakan bentuk penghormatan Alberto kepada Bapak Presiden sebagaimana dia melakukannya di beberapa negara," katanya.

Ia juga menegaskan, bahwa IMI berkepentingan menjaga kepercayaan organisasi otomotif dunia atas berbagai agenda balap internasional yang sudah  ditetapkan di Indonesia dapat berjalan dengan baik.

"IMI, Alberto dan Jakpro yang nantinya akan bertanggungjawab mengambil keputusan dalam menentukan lokasi sirkuit Jakarta E-Prix 2022," ujarnya terkait penyelenggaraan Formula E yang menjadi cara Anies Baswedan mengenalkan Indonesia kepada dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES