Indonesia Positif

BPBD Kabupaten Blitar Bagikan Ribuan Masker Serentak di 22 Kecamatan

Jumat, 26 November 2021 - 16:01 | 30.60k
BPBD bersama Pramuka dan TNI Polri membagikan masker di Pertigaan Kelurahan Beru Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, Jum'at (26/11/2021). (Foto: Sholeh TIMES Indonesia)
BPBD bersama Pramuka dan TNI Polri membagikan masker di Pertigaan Kelurahan Beru Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, Jum'at (26/11/2021). (Foto: Sholeh TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Blitar (BPBD Kabupaten Blitar) Jawa Timur membagikan 11 ribu masker serentak di 22 kecamatan di Kabupaten Blitar, Jum'at (26/11/2021).

Tidak hanya membagikan masker, BPBD juga melakukan penyemprotan disinfektan di masing-masing wilayah kecamatan tersebut. Pembagian masker dan penyemprotan disinfektan itu melibatkan komunitas relawan yang ada di kecamatan.

"Kami melibatkan komunitas relawan yang ada di Blitar. Kita siapkan 11 ribu masker untuk dibagikan di 22 seluruh Kecamatan," urai Prap Gunarso, Kasie rehabilitasi BPBD Kabupaten Blitar.

Seperti yang terlihat di Kecamatan Wlingi, pembagian masker oleh BPBD melibatkan Pramuka. Mereka bertemu di kantor Kecamatan Wlingi untuk mendapatkan arahan terlebih dahulu dari Camat Wlingi.

Kemudian, Camat Wlingi menentukan titik pembagian masker dan penyemprotan disinfektan. Selanjutnya, mereka menuju pertigaan kelurahan Beru dan pasar Wlingi untuk membagikan masker. Setelah itu rombongan melakukan penyemprotan disinfektan di Kelurahan Klemunan Kecamatan Wlingi.

"Teknisnya masing masing relawan bertemu di kecamatan. Kemudian pihak kecamatan yang mengarahkan untuk lokasi sasaran," tambah Prab.

Sedangkan, penyemprotan disinfektan, Prap menguraikan, dilaksanakan menggunakan mobil penyemprot yang dimiliki PMI maupun Tagana. Beberapa relawan juga dibekali dengan alat semprot gendong atau manual untuk menyemprot tempat yang tidak bisa dijangkau mobil penyemprot.

"Dari relawan PMI dan Tagana juga menyediakan mobil penyemprotan di dalam mobil ada tangki besar. Juga pakai tangki semprot manual yang digendong. Karena lebih praktis bisa masuk ke ruang ruangan," jelasnya.

Bagi-bagi masker secara serentak itu merupakan kegiatan pertama kali digelar. Namun, Prap menegaskan, BPBD Kabupaten Blitar telah sering kali melakukan penyemprotan disinfektan sesuai permintaan dari masyarakat. "BPBD mengadakan kegiatan seperti ini serentak baru kali ini. Namun yang insidentil sudah sering kita menyemprotkan disinfektan sesuai permintaan masyarakat," tegasnya.


 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES