Indonesia Positif

Antisipasi Banjir, Tim Gabungan Polisi-TNI-Forkopimcam Bersihkan Sungai di Pacitan

Jumat, 26 November 2021 - 15:18 | 33.60k
Kapolsek Pacitan, AKP Sugeng Rusly Muslan bersama petugas gabungan TNI TNI Koramil 0801/01 dan Forkopimcam Pacitan membersihkan sungai. (Foto: Sugeng For TIMES Indonesia)
Kapolsek Pacitan, AKP Sugeng Rusly Muslan bersama petugas gabungan TNI TNI Koramil 0801/01 dan Forkopimcam Pacitan membersihkan sungai. (Foto: Sugeng For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah kota, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, petugas gabungan Polsek, Koramil dan Forkopimcam ramai-ramai bersihkan sungai dan selokan. 

Gotong-royong bertajuk Giat Jumat Bersih tersebut, Kapolsek Pacitan, AKP Sugeng Rusly Muslan menilai, sampah-sampah yang menumpuk ditambah material di sungai menghambat aliran air. 

"Kalau tidak kami bersihkan, dikhawatirkan nanti saat hujan deras air tidak bisa lancar. Akibatnya bisa menyebabkan banjir," katanya, Jumat (26/11/2021). 

Sugeng menambahkan, rencana ke depan selama musim hujan pihaknya setiap sepekan sekali akan tetap cek dan monitoring gorong-gorong sekitar Kecamatan Pacitan Kota. 

Bersih-Sungai-2.jpgNormalisasi sungai kawasan Pacitan Kota supaya tidak banjir. (Foto: Sugeng For TIMES Indonesia) 

"Akan terus kami pantau, setiap satu pekan sekali kami bersama masyarakat akan membersihkan bila terdapat endapan sampah agar kawasan Pacitan Kota tidak lagi tergenang luapan air sungai," terangnya kepada TIMES Indonesia. 

Dirinya juga akan memasang rambu peringatan larangan buang sampah penyebab banjir di sungai atau selokan. "Setelah kita keruk material yang mengendap, nanti juga akan dipasang peringan larangan buang sampah di sungai," tegasnya seraya mengimbau kepada masyarakat agar membiasakan hidup sehat terlebih saat musim hujan. 

"Saya minta kepada masyarakat Pacitan untuk senantiasa membiasakan hidup bersih dengan tidak membuang sampah di selokan. Kalau sampai tersumbat, bisa merepotkan," jelas Kapolsek Pacitan Kota, AKP Sugeng Rusly Muslan. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Pacitan, Suparlan meminta masyarakat di wilayah Pacitan Kota bekerjasama dalam menjaga lingkungan dan mencegah banjir khususnya tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. “Untuk menjaga lingkungan bukan hanya tugas daripada Pemerintah Daerah, akan tetapi kita semua yang ada di sekitar Pacitan Kota harus sportif dengan tidak buang sampah sembarangan di sungai," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES