Peristiwa Daerah

Curah Hujan Tinggi, Air Sungai di Lamongan Meluber ke Permukiman

Jumat, 26 November 2021 - 14:03 | 31.27k
Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Lamongan, Muhammad Muslimin, saat berada di Desa Balun, Kecamatan Turi, Jumat (26/11/2021). (FOTO: BPBD Lamongan for TIMES Indonesia)
Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Lamongan, Muhammad Muslimin, saat berada di Desa Balun, Kecamatan Turi, Jumat (26/11/2021). (FOTO: BPBD Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Tingginya curah hujan mengakibatkan air Sungai Mengkuli yang melintasi Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur meluber dan sempat menggenangi jalan desa serta pemukiman warga.

Luberan air Sungai Memukuli yang sempat menggenangi jalan desa serta sejumlah rumah warga tersebut terjadi sejak Kamis (25/11/2021) malam. Kini genangan air sudah berangsur surut.

"Pasca hujan intensitas tinggi pada Kamis malam, aliran Sungai Mengkuli mengalami kenaikan debit air secara drastis yang mengakibatkan air melimpas atau meluber ke Desa Balun," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Muhammad Muslimin kepada wartawan, Jumat (26/11/2021).

Muslimin mengungkapkan, ketinggian air yang menggenangi jalan desa sempat mencapai 40 sentimeter, tapi kini sudah berkurang. Saat ini BPBD Lamongan masih melakukan pendataan berapa jumlah rumah yang sempat atau masih tergenang.

"Jalan desa yang sempat tergenang itu adalah jalan desa yang menghubungkan antara Desa Balun dengan Desa Ngujungrejo, Kecamatan Turi. Saat ini air sudah semakin surut dan sudah dilakukan pembersihan di rumah-rumah yang sempat tergenang ini," ujar Muslimin.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lamongan, kata Muslimin, juga melakukan keji cepat dan pendataan ke lokasi banjir akibat air sungai yang meluber tersebut. Sedangkan tim gabungan juga telah melakukan pembendungan luberan air dengan menggunakan karung yang berisi tanah. "Kami juga sedang meninjau lokasi lainnya yang diperkirakan terdampak luberan air ini," ucap Muslimin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES