Indonesia Positif

Overland 4x4 Pehobi Offroad yang Gemar Aksi Sosial

Jumat, 26 November 2021 - 10:10 | 76.85k
Beberapa anggota Overland 4x4 membagikan sembako kepada warga Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Agustus 2021 lalu. (FOTO: Dok. Overland/TIMES Indonesia)
Beberapa anggota Overland 4x4 membagikan sembako kepada warga Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Agustus 2021 lalu. (FOTO: Dok. Overland/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Hobi offroad yang selalu menantang adrenalin tak selamannya membuat para pecinta otomotif itu berpetualang di kubangan lumpur. Kepedulian terhadap sesama juga tak pernah ketinggalan dengan melakukan beragam aksi sosial. 

Seperti yang kerap dilakukan komunitas Overland 4x4 Tasikmalaya. Meski baru berdiri setahun, komunitas yang beranggotakan pemilik mobil 4 WD berbagai merek ini aktif menggelar aksi sosial, mulai dari santunan kepada anak yatim, hingga bagi-bagi sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. 

Ketua Overland 4x4 Tasikmalaya, Ari Prambadi menjelaskan, komunitasnya berdiri saat gencarnya pembatasan aktivitas masyarakat di masa pandemi. Kejenuhan mendorong para pemilik mobil petualangan itu untuk beraksi di alam terbuka.

"Karena social distancing dan banyak penyekatan (kalau jalan-jalan di kota), jadi kami lebih memilih jalan-jalan ke gunung," ujar Ari, Kamis, (25/11/2021) malam. 

4X4-2.jpgSejumlah anggota Overland 4x4 berfoto bersama dalam pertemuan di Hotel Crown, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (24/11/2021) malam.(FOTO: Dok. Overland/TIMES Indonesia)

Kegiatan menerabas sungai berlumpur, hutan dengan tanah berundak-undak, hingga kaki gunung, menjadi hiburan para offroader--sebutan penggemar olahraga offroad--di musim wabah corona. Di sela aktivitas itu, mereka sering melakukan kegiatan-kegiatan sosial sebagai gerakan kepedulian terhadap masyarakat. 

"Kami jalan-jalan ke alam terbuka itu untuk tadabur alam, diselingi kegiatan-kegiatan sosial. Selain itu melihat potensi-potensi pariwisata di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya," jelas Ari.  

Bukan sekadar menikmati keindahan alam tempat-tempat wisata, mereka juga aktif mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya yang belum begitu dikenal publik. 

4X4-3.jpgAksi salah satu anggota Overland 4x4 menerabas sungai berlumpur di sebuah kaki gunung, di Jawa Barat, pertengahan tahun 2021 lalu.(FOTO: Dok. Overland/TIMES Indonesia)

Banyak potensi-potensi wisata di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya yang perlu dikembangkan. "Bantu promo juga dengan teman-teman komunitas tour and travel, biar Tasik (Tasikmalaya) menjadi tujuan wisata, sehingga membantu mendorong ekonomi masyarakat sekitarnya," tandasnya.

Overland 4x4 tidak membatasi satu merek mobil untuk bisa bergabung dengan komunitasnya, semua merek bisa dengan syarat utama 4x4. Dalam waktu dekat, mereka kembali merencanakan aksi sosial di beberapa tempat yang dijadikan lokasi uji nyali dan keterampilan mengemudi di jalan tak beraspal.

"Kami bersama  rekan semua sepakat agar komunitas Overland 4x4 Tasikmalaya tidak hanya menyalurkan hobi. Tapi juga bisa membawa manfaat untuk masyarakat melalui kegiatan sosial, karena sebaik-baik komunitas adalah yang bisa memberi manfaat untuk masyarakat," tambah seorang anggota, Dr Risyal Rudiana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES