News Commerce

Geliat Industri Kreatif di Indonesia, Kembangkan Karya dan Penjualan di Ranah Digital

Jumat, 26 November 2021 - 07:32 | 50.85k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Industri kreatif di Indonesia terus berkembang, dan menuju ke arah yang positif tentunya. Salah satu indikasi tersebut adalah jumlah pekerja kreatif yang semakin banyak, dan semakin aktif di ranah digital.

Di era digital seperti saat ini, memang para seniman dan pekerja kreatif harus mampu beradaptasi. Selain beradaptasi dalam membuat karya, mereka juga harus bisa memasarkan jasa atau hasil karyanya.

Hingga sekarang, platform untuk memasarkan jasa atau karya para pekerja kreatif di ranah digital adalah melalui website atau melalui media sosial seperti Instagram atau Twitter. Cara tersebut tentu tidak salah, tapi rasanya kurang efektif, karena bagi orang yang berminat dengan jasa atau karya pekerja kreatif harus mencari sendiri.

Memasarkan produk di platform e-commerce sebetulnya bisa jadi pilihan, tapi tentu fitur dan fasilitasnya belum maksimal untuk para komunitas kreatif atau pekerja kreatif.

Tak hanya soal keterbatasan fitur dan fasilitas. Platform marketplace yang sudah ada ini pun, terbilang hanya fous pada sektor bisnis saja dan kurang fokus mengangkat pelaku kreatif di belakangnya.

Saat ini, mungkin Moselo menjadi salah satu platform yang mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Moselo, adalah platform untuk berjualan bagi komunitas atau pekerja kreatif. Tak hanya memasarkan produk atau jasa, di sini Moselo juga berkolaborasi dengan banyak brand dan orang-orang di industri kreatif.

Lebih lanjut lagi, Moselo pun membantu publikasi talenta-talenta baru di industri kreatif, sehingga menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Pekerja kreatif di Indonesia, memang masih belum terlalu mendapat perhatian yang cukup dari masyarakat luas. Kehadiran Moselo pun diharapkan mampu mengembangkan industri kreatif, terutama dari segi bisnis atau pemasaran.

Saat ini, banyak sekali produk berupa jasa yang bisa ditemui di Moselo. Mulai dari jasa videografi, fotografi, desain grafis, lukisan hingga make up. Produk industri kreatif lain seperti aksesori, handcraft, bahkan furniture dan beragam produk lainnya juga hadir di platform yang satu ini. Di sini pun tersedia kelas atau workshop yang berkaitan dengan industri kreatif, yang bisa diikuti oleh pengguna.

Tidak hanya menjadi platform berjualan, Moselo pun turut aktif dalam isu-isu yang dialami pekerja kreatif. Teranyar, pada momen Mental Health Day di bulan Oktober, Moselo membuat kegiatan kampanye terkait isu kesehatan mental para pekerja kreatif di Indonesia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES