Pendidikan

Axioo Bersama Maspion IT Mal Gelar Axioo Class Program SMK se-Jatim

Kamis, 25 November 2021 - 22:44 | 80.84k
Pelatihan bagi siswa SMK melalui Axioo Class Program di Maspion IT Mal Surabaya, Kamis (25/11/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Pelatihan bagi siswa SMK melalui Axioo Class Program di Maspion IT Mal Surabaya, Kamis (25/11/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAAxioo sebagai penyedia kebutuhan IT mendukung kebutuhan pendidikan di Indonesia sebagai dasar pengembangan SDM.

Oleh karena itu Axioo memiliki divisi sendiri yang fokus di edukasi. Demikian ungkap National Sales Manager PT Tera Data Indonusa (Axioo), Umayya S.Kom.

Saat ini Axioo telah mengembangkan Class Program dengan tujuan supaya apa yang siswa pelajari itu sesuai dengan praktek atau teknologi terkini.

“Harapannya nanti anak-anak ini bisa berkembang menjadi satu lulusan yang bisa mendapatkan lapangan pekerjaan atau berkompetisi dengan lulusan yang lain di era IT yang mendominasi di segala bidang saat ini,” ujarnya disela-sela kegiatan Axioo Class Program di Maspion IT Mal Surabaya, Kamis (25/11/2021).

Axioo Class Program a

Sejak mulai diluncurkan Axioo Class Program 10 tahun lalu, tambah Umayya, sudah lebih dari 2.000 peserta pelajar yang direkrut atau disalurkan. Dan tidak sedikit juga dari mereka yang kemudian berkembang dan membuka usaha sendiri atau bergabung dengan industri lain.

Education Program Director Axioo Class Program, Timmy Theopelus menambahkan, selama pandemi, sudah membuktikan bahwa kebutuhan tenaga kerja IT di Indonesia justru bertumbuh.

“Ini dikarenakan kebutuhan akan tenaga kerja trampil, kompeten dan siap pakai, khususnya dibidang IT itu sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Melalui gelaran Axioo Class Program yang diikuti 163 SMK (baik siswa dan guru, red) di Jawa Timur yang merupakan kerja sama dengan Maspion IT Mal ini, lanjut Timmy, diharapkan akan memunculkan lebih banyak anak-anak SMK yang terampil dan siap didik terutama di bidang IT dari Jawa Timur.

“Selain itu, nantinya anak-anak ini juga bisa bekerja sama dengan Axioo sebagai salah satu produsen produk IT milik anak Indonesia yang juga punya pabrik sendiri di Jakarta, agar kita bisa sama-sama menyalurkan anak-anak ini ke dalam dunia kerja IT di Indonesia secara keseluruhan,” tambah Timmy.

Lantas mengatapa memilih SMK?

Timmy menjelaskan bahwa SMK sebagai pabrik SDM di Indonesia, saat ini masih harus bergandengan tangan dengan industri.

“Dan ini adalah salah satu bentuk dari perwujudan hasil kerjasama kami dengan kementrian pendidikan, dimana kita bersama dengan Maspion IT Mal ini diharapkan SMK-SMK ini bisa bareng dengan kami melakukan sinkronisasi kurikulum, program magang, guru tamu, penyaluran tenaga kerja, dan sertifikasi siswa dan guru,” lanjutnya.

Setelah kegiatan ini, lanjut Timmy, akan dilakukan kegiatan-kegiatan training secara reguler dan terstruktur yang diharapkan bisa dibantu juga dengan Maspion IT Mal.

Axioo Class Program b

Apalagi karena pelatihan ini berbentuk blended learning (online digabung dengan offline, red) di mana diharapkan pelatihan-pelatihan offline selanjutnya bukan saja untuk Jawa Timur, tapi juga untuk Indonesia Timur, bisa dilakukan di Maspion IT Mal Surabaya ini.

Pimpinan Maspion IT Mal, Okky Tri Hutomo pada kesempatan yang sama menjelaskan, sebagai IT Mal yang memiliki kepedulian pada IT dan pengembangan, Maspion IT Mal berkomitmen untuk memajukan IT.

"Jadi bukan mal untuk dagang saja, tapi juga untuk kegiatan edukasi, kegiatan komunitas yang bertujuan untuk memperkuat IT Indonesia. Jadi boleh dibilang ini adalah ekosistem mall pertama di mana ada di sini pelaku usaha, ada comunity dan ada edukasi,” jelas Okky.

Guna memperkuat positioning ini, lanjut Okky, maka langkah strategis yang dilakukan adalah berpartner dengan pendidikan vokasi SMK karena SMK ini pendidikan vokasi yang ranahnya tidak jauh-jauh dengan teknologi informasi.

“Saat ini kami telah memiliki keterikatan mitra kerja bersama pendidikan vokasi SMK dan sudah melakukan MoU dengan sebanyak 1.214 SMK se Jawa Timur,” tambahnya.

Okky juga menegaskan, salah satu realisasi kerja sama ini adalah edukasi, seperti yang dilakukan dengan Axioo melalui program kelas khusus Axioo (Axioo Class Program), melalui seminar, sosialisasi kelas khusus dan workshop (perakitan dan pembongkaaran laptop, robotika dan IoT).

“Target kami adalah bagaimana pendidikan di indonesia itu seiring bersama industri, apalagi pendidikan vokasi SMK. Kami juga berharap SMK bisa menstandarkan dan mensingkronkan kurikulumnya bersama industri, karena dari sinkronisasi kurikulum dengan industri maka tenaga atau lulusan SMK bisa terserap di industri,” pungkas Okky.

Diketahui, dalam pelaksanaan Axioo Class Program kali ini, masalah protokol kesehatan sangat diperhatikan oleh Maspion IT Mal. Ini terbukti dari beberapa persyaratan yang ditetapkan, seperti; peserta harus sudah vaksin minimal 1 kali, juga melakukan cuci tangan dengan sabun, cek suhu badan dan wajib menggunakan masker.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES