Peristiwa Daerah

Pengantin yang Baru Menikah Langsung Dapat 'Hadiah' dari Pemkab Indramayu

Kamis, 25 November 2021 - 20:12 | 17.54k
Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar saat memberikan 'hadiah' kepada pengantin yang baru menikah. (Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar saat memberikan 'hadiah' kepada pengantin yang baru menikah. (Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten Indramayu (Pemkab Indramayu) melalui program baru bernama Dukcapil Berkah, akan langsung memberikan 'hadiah' kepada pasangan yang baru menikah.

Hadiah yang dimaksud bukanlah berupa materi, melainkan KTP dan KK atas nama pasangan yang baru menikah. Dengan demikian, setelah akad nikah, pengantin baru tersebut akan langsung mendapatkan KTP dan KK yang statusnya sudah diperbarui, yakni menikah.

Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Moh Iskak Iskandar, program Dukcapil Berkah lahir atas kerja sama dengan KUA seluruh Kabupaten Indramayu. Setiap pasangan yang baru menikah, akan langsung diberikan KTP dan KK dengan nama mereka.

"Tujuannya, kami memberi kemudahan kepada pasangan baru menikah, tidak perlu repot mengurus administrasi kependudukan. Biar kami yang jemput bola," ujar Iskandar saat saat sosialisasi program Dukcapil Berkah kepada penganten yang baru akad nikah di Desa Sekarmulya Kecamatan Gabuswetan, Kabupaten Indramayu, Kamis (25/11/2021).

Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar menjelaskan, program Dukcapil Berkah merupakan upaya menertibkan administrasi kependudukan. Nantinya, petugas akan langsung melakukan jemput bola dan perlu dicatat. "Semuanya gratis, tidak dipungut biaya," jelas Nina.

Nina menjelaskan, administrasi kependudukan sangat penting bagi Pemkab Indramayu karena menyangkut data mendasar. Untuk itu, dirinya sudah sejak awal memprioritaskan administrasi kependudukan untuk diperbaiki dan disempurnakan.

"Ini penting karena bisa menjadi data base seluruh SKPD," jelas Bupati Nina terkait program Dukcapil Berkah di wilayah Pemkab Indramayu. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES