Peristiwa Daerah

Kenali Senjata Pusaka Tradisional, Pameran Tosan Aji di Magetan Resmi Dibuka

Kamis, 25 November 2021 - 22:02 | 45.70k
Bupati Magetan, Suprawoto saat memegang senjata pusaka tradisional Tosan Aji. (FOTO: Diskominfo Magetan for TIMES Indonesia)
Bupati Magetan, Suprawoto saat memegang senjata pusaka tradisional Tosan Aji. (FOTO: Diskominfo Magetan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan berkolaborasi dengan Pekatik Magetan menggelar Pameran Tosan Aji 2021 mulai tanggal 25- 27 November di Gedung Tripandita, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (25/11/2021). Hal tersebut dilakukan untuk lebih mengenalkan tosan aji ke masyarakat. 

Seperti yang diketahui, Tosan Aji ialah senjata pusaka Nasional, Istilah ini merujuk pada segala macam senjata tradisional, yang terbuat dari besi dan dianggap sebagai Pusaka.

Secara umum Tosan Aji diciptakan tidak hanya sebagai senjata saja, tapi juga sebagai sifat kandel bagi pemiliknya, sebagai sesuatu yang dapat membangkitkan keberanian dan keyakinan bagi pemilik Tosan Aji tersebut.

"Kegiatan inj tindak lanjut arahan bapak presiden, untuk melihat ekonomi tahun depan seperti apa, presiden mengatakan bahwa kegiatan besar diperbolehkan tetapi dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, supaya kegiatan ekonomi ini menggeliat karena kalau tidak juga berbahaya, bagi kelangsungan hidup masyarakat dan negara," ujar Bupati Magetan, Suprawoto.

BUpati Magetan a

Bupati Suprawoto berharap kegiatan Pameran Tosan Aji dapat rutin dilakukan, dan Tosan Aji sebagai salah satu warisan budaya yang diakui oleh dunia harus dipelihara dengan baik. 

"Marilah kita transformasikan warisan budaya ini kepada anak-anak kita, utamanya anak-anak di era milenial agar mereka nantinya tidak tercabut dengan budaya asing," ungkapnya. 

Sementara itu, Mbah Juno selaku Ketua Pekatik menyampaikan, bahwa pameran Tosan Aji ini sebagai wujud peran serta untuk memperkenalkan warisan budaya. "Kami bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya serta menumbuhkan motivasi dan edukasi kepada masyarakat khususnya kaum milenial," jelasnya. 

Dalam kesempatan ini Bupati Magetan, Suprawoto didampingi Forkopimda dan OPD terkait memukul gong sebagai tanda dibukanya pameran yang diikuti oleh sejumlah 170 Tosan Aji dari berbagai daerah, diantaranya Magetan, Madiun, Kediri, Ngawi, Surakarta, Jogja, Malang, Mojokerto, Ponorogo dan Pekalongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES