Adv

Wali Kota Samarinda Ingin Penyelenggaraan APEKSI Memiliki Dampak Ekonomi Bagi Warga Tepian

Kamis, 25 November 2021 - 18:40 | 20.52k
Andi Harun menandatangani prasasti Taman Bebaya (foto Iqbal/TIMES Indonesia)
Andi Harun menandatangani prasasti Taman Bebaya (foto Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Rangkaian kegiatan Rapat Kerja Komisariat Wilayah V (Raker Komwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan di Kota Samarinda telah dimulai. Pada hari pertama, Kamis (4/11/2021), Ketua APEKSI Pusat atau Wali Kota Bogor Bima Arya dan 9 Wali Kota regional Kalimantan melakukan kegiatan bersepeda bersama dan penanaman pohon.

Rombongan tersebut memulai bersepada bersama dari Hotel Mercure Samarinda menuju Taman Bebaya Samarinda Samping Jembatan Mahakam Jalan Slamet Riyadi. Setelah itu, rombongan melakukan penanaman pohon bersama. Rangkaian kegiatan Raker Komwil V ini juga digabung dengan launching nama Taman 'Bebaya' ini. Sebelumnya, masyarakat Samarinda menamakan taman tersebut sebagai Taman Buah.

Sebagai tuan rumah, Wali Kota Samarinda Andi Harun menerangkan peresmian Taman 'Bebaya' ditepatkan bersamaan dengan kegiatan APEKSI untuk mengumumkan arti dari 'Bebaya' ini.

"Bebaya adalah bahasa kutai yang berarti bersama sama bergotong royong. Kesan yang ingin kita sampaikan kalo Samarinda ini mau maju kalau Samarinda ini ingin terus menjadi bermanfaat bagi warganya dan selalu menjadi kota yang bisa bertahan pada tantangan di masa depan. Kata kuncinya adalah gotong royong," terang Andi.

Terkait Samarinda menjadi tuan rumah dalam Raker Komwil V, Andi berharap rombongan 10 daerah ini mampu memberikan dampak ekonomi pada Kota Samarinda. Salah satu siasat yang diberikan Andi ialah, Pemerintah Kota Samarinda hanya 2 kali saja menyediakan jamuan makan kepada rombongan. Selebihnya, pihaknya berharap agar rombongan bisa berwisata kuliner di Kota Samarinda.

"Dengan harapan masyarakat mendapatkan manfaat, begitu pula belanja oleh-oleh belanja di Kota Samarinda agar masyarakat menerima berkah menerima manfaat,"harap Andi.

Ini menjadi salah satu contoh langkah pemerintah kota untuk menggerakkan ekonomi daerah. Gerakan ini diupayakan harus masif sehingga daerah mampu bertahan dalam situasi pandemi Covid - 19.

Ditambahkan oleh Ketua APEKSI Pusat sekaligus Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengakui pihaknya merasakan antusias dan gairah dari masyarakat Kaltim, khususnya Kota Samarinda, dalam berbenah untuk persiapan Ibu Kota Negara (IKN).

"2024 kita optimis akan memasuki satu era baru dimana Kaltim menjadi epicentrum dari Indonesia dari rencana dimulainya ibukota negara. Jadi APEKSI mendukung penuh proses itu dan tentunya kita berharap akan memberikan kebaikan bagi warga dan masyarakat semua di Kaltim. Seperti Samarinda, Balikpapan dan sekitarnya," ujar Bima.

Direncanakan, topik yang akan dibahas dalam Raker Komwil V diantaranya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid - 19 dalam sektor ketahanan pangan. Raker tersebut akan digelar pada Jum'at (5/11/21). (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES