Peristiwa Daerah

Optimis Bisa Salurkan 1,9 Miliar, Baznas Kota Tegal Berharap Dapat Dukungan dari Wali Kota

Kamis, 25 November 2021 - 20:29 | 30.59k
Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriyono secara simbolis menyerahkan bantuan Baznas. (Foto : Humas Pemkot Tegal For Times Indonesia)
Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriyono secara simbolis menyerahkan bantuan Baznas. (Foto : Humas Pemkot Tegal For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Kota Tegal optimis hingga akhir tahun 2021 dapat menyalurkan bantuan sebesar Rp. 1,9 miliar. Saat ini, Baznas hingga catur wulan ketiga tahap II sudah menyalurkan bantuan sebesar Rp. 1,76 miliar.

Informasi tersebut disampaikan Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf saat menyampaikan acara Pentashorufan Zakat Infak Sodakoh (ZIS) Catur Wulan Ketiga Tahap II di Aula Kantor Sementara Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, jumlah dana yang ditashorufkan pada catur wulan ketiga tahap II sebesar Rp. 73.850.000. Adapun penyaluran dana ZIS dari bulan Januari 2021 atau dari catur wulan pertama, kedua dan ketiga sebanyak Rp 1.760.000.000 dan target pemasukkan ZIS tahun 2021 adalah Rp. 1.900.000.000.

“Untuk tahun 2022 kami optimis ada peningkatan ZIS cukup signifikan karena potensi zakat di kalangan ASN/BUMD Kota Tegal cukup besar," ujarya melalui pernyataan resmi Humas Pemkot Tegal. 

Harun menjelaskan dari total dana sebanyak Rp. 73.850.000 yang diserahkan Kamis (25/11/2021) dipergunakan untuk Pembangunan Gedung TPQ Al-Fatimah Debong Kidul Rp.5.000.000, rehab Musholla Hidayatulloh Keturen Rp. 2.500.000, rehab Musholla Baitut Takbir Slerok Rp. 2.500.000, rehab Musholla SD Muhammadiyah 3 Debong Tengah Rp. 2.500.000, Community TBC-Care Mandiri PD Aisyiyah Kota Tegal Rp. 2.000.000, lalu bantuan biaya Rumah Sakit atas nama Bahrudin Keturen Rp. 1.000.000 serta Bantuan pembayaran BPJS dan jenis bantuan berupa kursi roda sebanyak 3 buah.

Wali Kota Tegal H Dedy Yon Supriyono a

Harun Abdi Manaf berharap agar selalu mendapatkan dukungan dari Wali Kota Tegal agar seluruh ASN dan karyawan BUMD bisa berzakat atau infaq sesuai dengan Peraturan Wali Kota Nomor 23 Tahun 2019 dan Instruksi Wali Kota Tahun 2020 tentang Optimalisasi Zakat, Infak dan Sedekah di kalangan ASN dan karyawan BUMD di lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

Sementara, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kota Tegal yang secara konsisten membantu Pemerintah Kota Tegal dalam pengumpulan dan penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh.

"Saya berterima kasih kepada Baznas Kota Tegal yang telah secara konsisten membantu Pemerintah Kota Tegal dalam pengumpulan dan penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh," ungkap Wali Kota.

Wali Kota menyebutkan bahwa kedepan masih banyak program yang dapat dikembangkan oleh Baznas Kota Tegal untuk bersama-sama menolong sesama dan meningkatkan kesejahteraan umat. Oleh karena itu, penting bagi Pemerintah dan Baznas Kota Tegal untuk mengembangkan zakat, infaq dan shodaqoh menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, Dedy Yon juga berpesan untuk tetap menjaga transparansi pengumpulan dan penyaluran ZIS. Menurutnya ini sangat perlu dilaporkan secara berkala dan akuntabel, agar masyarakat percaya bahwa Pemerintah dan Baznas Kota Tegal benar-benar amanah menyalurkan ZIS yang dikumpulkan oleh masyarakat.

"Saya harapkan kerja sama yang baik ini akan terus berlanjut, selain itu saya juga sangat berharap kesadaran ASN dan juga warga muslim Kota Tegal lainnya akan kewajiban berzakat, berinfaq dan bershodaqoh akan semakin meningkat. Sebab beramal jariyah merupakan bagian dari ketaqwaan beragama," pungkas Wali Kota Tegal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES