Peristiwa Daerah

APEKSI Kunjungi MPP Kota Samarinda Sebagai Percontohan Daerah Lain

Kamis, 25 November 2021 - 20:13 | 26.36k
Wali Kota Samarinda, Andi Harun menjelaskan tentang MPP (foto Iqbal/TIMES Indonesia)
Wali Kota Samarinda, Andi Harun menjelaskan tentang MPP (foto Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Rombongan  Rapat Kerja Komisariat Wilayah V (Raker Komwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan melakukan kunjungan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Basuki Rahmat pada Kamis (4/11/2021). Ini menjadi rangkaian kegiatan setelah melakukan gowes bersama dan penanaman pohon di Taman Bebaya Samarinda.

Rombongan disambut Wali Kota Samarinda Andi Harun, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Samarinda Jusmaramdhana Alus, dan OPD terkait. Rombongan melihat keseluruhan 23 stand pelayanan publik.

23 stand tersebut antara lain DPMPTSP, Bankaltimtara, Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), PDAM Tirtakencana, Polresta, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

Lalu ada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, Dinas Pertanahan (Distah), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PT Taspen, Imigrasi Kelas I, Dinas Perhubungan (Dishub), BPJS Ketenagakerjaan, PLN, Kementerian Agama, BPJS Kesehatan, Telkom, Badan Pertanahan Nasional, serta layanan untuk disabilitas.

Andi Harun mengungkapkan, alasan MPP menjadi tujuan kunjungan APEKSI karena MPP Kota Samarinda mendapatkan pengakuan nasional dan bisa menjadi contoh daerah lain yang masih mencari pola, bentuk, dan cara cepat untuk melihat operasional MPP Kota Samarinda ini. Diketahui, MPP Kota Samarinda mendapatkan kategori A- sebagai unit pelayanan publik.

"Kita kan memang mendapatkan pengakuan nasional. Salah satu diantara Kaltim yg punya MPP adalah Samarinda. Konten pelayanan publik menjadi sebuah keharusan yang diamanatkan oleh Bapak Presiden dan oleh sebab itu kita di antara daerah yang paling cepat beradaptasi dan merespon MPP," ungkapnya.

Disinggung fasilitas yang perlu dibenahi atau ditambahkan, Andi menyatakan secara umum sudah berjalan cukup baik. Selama peninjauannya di MPP, ia mengapresiasi MPP telah mempunyai fasilitasi Plaza Virtual. Ia hanya berharap agar seluruh sektor pelayanan bisa dikembangkan.

"Pokoknya kita akan selalu berupaya untuk meningkatkan lakukan inovasi di bidang pelayanan publik . Sekarang sudah jamannya teknologi informasi. Samarinda terus menerus beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi, termasuk di dalamnya pelayanan publik," tegas Andi.

Salah satu pimpinan daerah yang turut peninjauan ialah Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina. Ibnu pun mengakui MPP Kota Samarinda cukup representatif. Kunjungan ke MPP ini juga sebagai ajang kesempatan Kota Banjarmasin studi tur melihat MPP Kota Samarinda.

"MPP ini cukup representatif untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kami juga di Banjarmasin, di tahun 2022, akan bangun MPP. Sekalian studi tur aja tadi, makanya saya bawa DPMPTSP, perdagangan, pendustrian, bagian umum. Paling tidak kita punya gambaran MPP," jelas Ibnu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES