Indonesia Positif

Hari Guru Nasional, Owner Wedang Uwuh Gang Minthi Sedekah Minuman Rempah untuk Guru

Kamis, 25 November 2021 - 19:36 | 50.79k
Minuman rempah-rempah wedang uwuh dibagikan kepada guru di Magetan saat momentum HGN, Rabu (25/11/2021). (Foto: Wedang Uwuh Gang Minthi for TIMES Indonesia)
Minuman rempah-rempah wedang uwuh dibagikan kepada guru di Magetan saat momentum HGN, Rabu (25/11/2021). (Foto: Wedang Uwuh Gang Minthi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Banyak cara dapat dilakukan untuk berbagai terhadap sesama di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya seperti yang dilakukan seorang pemuda di Kabupaten Magetan saat momentum peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang diperingati setiap tanggal 25 November.

Pemuda itu adalah Wachid, owner Wedang Uwuh Gang Minthi. Bertepatan dengan momentum itu, dirinya membagikan minuman herbal berbahan rempah-rempah alami kepada guru maupun tenaga pendidik di MIN 13 Magetan dan sejumlah wilayah lainnya.

"Guru merupakan salah satu profesi yang dibutuhkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, terlebih di masa pandemi Covid-19. Sehingga kondisi kesehatannya juga perlu diperhatikan," ujar pemuda asal Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo ini, Kamis (25/11/2021).

Gus Wachid, demikian sapaan akrabnya, menyebut aksi sosial ini sebagai gerakan sedekah minuman rempah-rempah. Tujuannya, untuk membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus. Juga sebagai upaya untuk melestarikan minuman tradisional berbahan rempah-rempah.

Owner Wedang Uwuh Gang Minthi

Pria penghobi motor klasik ini percaya minuman herbal dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Menurutnya, bahan-bahan herbal seperti yang terkandung dalam wedhang uwuh mulai jahe, secang, cengkeh, kayu manis, dan lainnya dapat meningkatkan sistem imun.

"Ini merupakan salah satu upaya mengenalkan minuman berbahan dasar rempah yang ada di sekitar kita. Apalagi, rempah-rempah dipercaya punya segudang manfaat untuk tubuh," tandasnya.

Tidak hanya itu, Wachid juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Terlebih di masa sulit seperti pandemi Covid-19. Pun, imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan (prokes) mulai memakai masker hingga menjaga jarak harus dipatuhi guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

"Sedekah tidak harus berupa uang, tapi bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. Yang terpenting adalah bisa memberi manfaat yang baik terhadap sesama," ucap owner Wedang Uwuh Gang Minthi saat momentum Hari Guru Nasional di Magetan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES