Indonesia Positif

Gotong Royong Nanduri Gunung untuk Selamatkan Lingkungan

Kamis, 25 November 2021 - 15:45 | 26.15k
Suasana saat kegiatan Gotong Royong Nanduri Gunung di kawasan Tahura R. Soerjo, Kamis (25/11). (Foto : Dok. Diskominfo Kota Batu)
Suasana saat kegiatan Gotong Royong Nanduri Gunung di kawasan Tahura R. Soerjo, Kamis (25/11). (Foto : Dok. Diskominfo Kota Batu)

TIMESINDONESIA, BATU – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, menghadiri kegiatan bertajuk “Gotong Royong Nanduri Gunung” yang berlangsung di kawasan Pemandian Air Panas Cangar dan Tahura R Soerjo, Kamis (25/11).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Jumadi, MM yang datang untuk mewakili Gubernur Jawa Timur, Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, Wadanpusdik Arhanud, Forkopimda Kota Batu, Forkopimda Mojokerto dan para undangan.

Dalam sambutannya, Dewanti Rumpoko, mengatakan, berkaca dari bencana banjir bandang yang terjadi pada awal bulan lalu, ada hal-hal yang harus dilakukan bersama dalam memperhatikan dan memperlakukan alam dan lingkungan.

Pembukaan Nanduri Gunung 2

Meskipun sudah banyak program untuk merawat lingkungan seperti program 1 nama 1 pohon, Sapu Bersih Nyemplung Kali (Sabers Pungli) dan berbagai program lainnya, masih dibutuhkan kerjasama dan sinergi antara Pemprov, Pemkot, Dinas Kehutanan, DLH dan masyarakat.

“Mudah-mudahan Kita selalu bersinergi untuk menjaga alam kita!,” seru Dewanti.

Dalam merawat Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo, UNESA dalam kesempatan ini melaunching KKN Tematik Mahasiswa UNESA di desa-desa penyangga Tahura R. Soerjo. Sekitar 150 mahasiswa UNESA diterjunkan untuk KKN Tematik di 7 Desa penyangga. Mengusung tema “Proyek di Desa untuk Kelestarian Lingkungan dan Ekosistem”, mahasiswa KKN tersebut akan fokus pada kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Salah satu program kelestarian lingkungannya adalah dengan menanam 2.000 pohon jenis eucalyptus, basal, sirsak dan nangka.

tanam pohon

Sementara itu, Jumadi, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim dalam sambutannya menyampaikan pesan-pesan Gubernur Jatim, yang mana intinya adalah Gubernur ingin hutan terus lestari dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya acara ini, Kita semua bisa bersinergi untuk lingkungan hidup disekitar kita,” tutup Jumadi.

Taman Hutan Raya Raden Soerjo (disingkat Tahura R. Soerjo) adalah Kawasan Pelestarian Alam (KPA) yang berada dalam gugusan kompleks pegunungan Arjuno-Welirang-Anjasmoro. Tahura R. Soerjo yang berada didalam wilayah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu, merupakan satu-satunya Tahura di Provinsi Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES