Indonesia Positif

Kabupaten Purbalingga Raih Juara 3 IDSD dan Krenova

Kamis, 25 November 2021 - 18:33 | 48.65k
Bupati Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menerima penghargaan di gedung Gradika Bhakti Praja Semarang. (FOTO : Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)
Bupati Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menerima penghargaan di gedung Gradika Bhakti Praja Semarang. (FOTO : Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGAKabupaten Purbalingga meraih juara 3 dalam acara Penerimaan Penghargaan Indek Daya Saing Daerah dan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (IDSD dan Krenova), kategori Ekosistem Inovasi. 

Piala dan piagam penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan diterima Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM di gedung Gradika Bhakti Praja Semarang, Kamis (25/11/2021).

Selain Purbalingga, di Kategori Ekosistem Inovasi juara 2 Kabupaten Batang,  juara 1 Kota Semarang dan juara umum kategori kabupaten diraih Kabupaten Sragen.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menjelaskan, Kabupaten Purbalingga meraih juara 3 dalam IDSD kategori Ekosistem Inovasi yang diukur dari pilar dinamika bisnis, pilar kapasitas inovasi dan pilar kesiapan teknologi.

Dyah-Hayuning-Pratiwi-2.jpg

Kebijakan dalam rangka peningkatan dinamika bisnis adalah pendelegasian wewenang pelayanan perijinan dan non perijinan kepada kepala DPMPTSP Kabupaten Purbalingga, penerapan OSS, pembangunan Mall Pelayanan Publik, insentif pajak dan retribusi, serta diskon langganan PDAM selama pandemi Covid-19.

Sedang kebijakan dalam rangka peningkatan kapasitas inovasi adalah dengan pendampingan UMKM, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), kerjasama dengan perguruan tinggi dalam kerjasama inkubasi bisnis, pendirian perguruan tinggi UNSOED, ITBMP, UINZAIZU, UNPERBA dan KKN tematik dengan LPPM.

Kemudian, diseminasi hasil penelitian, kerjasama pengembangan infrastruktur, pengembangan klaster unggulan melalui kerjasama terkait pengemasan produk lokal dengan LIPI dan kerjasama dengan Balit Jestro untuk pengembangan strawberry.

Serta pembangunan tempat usaha terpusat (pembangunan  pusat industri logam /PILOG), sentra kerajinan tempurung, sentra kerajinan gula, penerapan teknologi informasi yang diukur dengan nilai SPBE, sistem informasi ijin penelitian (SI INTAN).

Dyah-Hayuning-Pratiwi-3.jpg

"Kebijakan dalam rangka peningkatan kesiapan teknologi adalah Tuka tuku, warung buntil (warung bunda Tiwi laris manis), Jujag-jujug Purbalingga, kerjasama dengan Bukalapak, toko modern, kampung Marketer, Wastralingga, Griya UMKM, Toko Tani, Kampung Batik, fasilitasi dan sertifikasi halal,"ungkapnya.

Penghargaan Indeks Daya Saing Daerah ada 4 aspek yakni aspek ekosistem inovasi, aspek penguat/enabling environtment, aspek SDM/Human Capital, aspek pasar/market.

Penghargaan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) adalah bentuk apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah kepada para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas.

Dalam penyerahan penghargaan tersebut, yang salah satunya diraih Kabupaten Purbalingga, hadir Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo,  Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada K/L, Masyarakat dan UMKM, BRIN., Dr Hardi Julendra SPt MSc dan Direktur PT Emporia Digital Raya Zikry Ariesky. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES