Indonesia Positif

Lomba SatKamling, Tim Dit Binmas Polda Jabar Turun Langsung Beri Penilaian

Kamis, 25 November 2021 - 17:16 | 43.19k
Kedatangan Wadir Binmas Polda Jabar dan Kapolres Banjar disambut baik oleh warga (foto:Susi/TIMES Indonesia)
Kedatangan Wadir Binmas Polda Jabar dan Kapolres Banjar disambut baik oleh warga (foto:Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Wakil Direktur (Wadir) Binmas Polda Jabar AKBP Mohammad Rois,S.I.K., S.H.,M.H. didampingi Kapolres Banjar, AKBP Ardiyaningsih, S.I.K.,M.Si. selaku Tim penilai dari Direktorat Pembinaan Masayarakat (Dir Binmas) Polda Jabar melaksanakan penilaian Satkamling di RT 28 RW 10 Dusun Karang Pucung Desa Balokang Kecamatan Banjar Kota Banjar, Kamis (25/11/2021).

Pemkot Banjar diwakili Asda 1 Nursaadah, Kapolsek Banjar AKP Sudi Hartono, S.Sos., Kasat Binmas Polres Banjar IPTU M.Atang Efendi, Camat Kecamatan Banjar, Asep Yani taruna dan Perwakilan Subdenpom Banjar, Anggota polres Banjar, Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Balokang Kecamatan Banjar., Kepala Desa Balokang, Tokoh Agama,tokoh Pemuda Desa Balokang Kecamatan Banjar, Petugas Sat Kamling RT 29 RW 10 Dusun Karang Pucung Desa Balokang Kecamatan Banjar.

Wadir Binmas menyampaikan rasa syukur karena dirinya bersama tim bisa hadir di tengah-tengah muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat beserta warga  untuk bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Balokang ini.

Satkamling merupakan pam swakarsa yang menjadi suatu bagian penyelenggara fungsi kepolisian khusus di wilayah tertentu yang memiliki kewenangan kepolisian terbatas.

POlrs Banjar

“Tugas Satkamling adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya dengan melaksanakan kegiatan turjawali," terang Wadir Binmas Polda Jabar.

Kegiatan tersebut disertai legalitas penunjukan Satkamling yang dibuat atas dasar kesepakatan bersama warga setempat dan selanjutnya diberikan SK oleh kepala desa setempat.

Senada dengan Wadir Binmas, Kapolres mengatakan perlombaan Satkamling tersebut dilaksanakan rutin setiap tahunnya oleh Dir Binmas Polda Jabar dan untuk tahun ini SatKamling inilah sebagai perwakilan dari Polres Banjar.

“Selain itu, sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat memberikan pelatihan-pelatihan kepada Satkamling untuk menunjang tugas di lapangan," kata Ardiyaningsih.

Polres Banjar

Dalam kegiatan tersebut disosialisasikan Perkap nomor 4 tahun 2020 tentang Satkamling dan simulasi pelaksanaan Simkamling di lokasi tersebut lengkap dengan para warga masyarakat.

Pemegang tongkat komando Lodaya Banjar ini mengatakan bahwa satkamling diharapkan dapat berperan aktif dalam menyikapi segala situasi sehingga kehadiran Satkamling dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES