Peristiwa Daerah

Gus Yasin Deklarasikan Forum Moderiasi Dalam Acara Diseminasi Hasil Penelitian BLAS

Rabu, 24 November 2021 - 18:51 | 10.59k
Suasana deklarasi moderasi beragama bersama seluruh lapisan elemen masyarakat dalam rangka menangkal radikalisme pada Rabu (24/11/2021) di Hotel Pandanaran Semarang.  (Foto:
Suasana deklarasi moderasi beragama bersama seluruh lapisan elemen masyarakat dalam rangka menangkal radikalisme pada Rabu (24/11/2021) di Hotel Pandanaran Semarang.  (Foto:

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Balai Litbang Agama Semarang Kementerian Agama RI Semarang (BLAS) kembali mendiseminasikan hasil penelitian dinamika kehidupan beragama sekaligus melakukan deklarasi moderasi beragama bersama seluruh lapisan elemen masyarakat dalam rangka menangkal radikalisme pada Rabu (24/11/2021) di Hotel Pandanaran Semarang. 

Hadir sebagai pembicara, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Gus Yasin yang menyampaikan bahwa agama sebenarnya sudah moderat. Bagi Gus Yasin, yang belum moderat adalah penganutnya maka yang harus dimoderasi seharusnya adalah umat beragamanya. 

"Masyarakat masih memandang agama sebagai tekstual. Ada juga yang memandang kontekstual tetapi tidak terlihat keberadaannya. Nabi kita sudah mendapatkan wahyu dari Allah yaitu Lakum Dinukum Waliyadin," ujarnya membuka materi. 

"Agama dibuat satu sama lain untuk menjaga kemanusiaan. Tanpa adanya kemanusiaan maka yang terjadi adalah saling bunuh, saling bermusuhan. Maka dengan adanya manusia itu sendiri agama bisa dijalankan oleh pengikutnya masing-masing. Maka dari itu kita saling bantu membantu untuk menjaga kerukunan antar umat beragama," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua BLAS, Dr. H. Samidi Khalim mengucapkan terima kasih kepada Gus Yasin dan para peserta. 

"Kami dari Balai Litbang Agama Semarang ini ingin mengkampanyekan moderasi beragama sebagaimana memang program yang sedang digalakkan oleh Kementerian Agama," jelasnya. 

Moderasi beragama ini sendiri twlah digagas Menteri Agama dijabat oleh Lukman Hakim Saifuddin. Hingga saat ini, Balai Litbang Agama Semarang (BLAS) telah menyelenggarakan diseminasi di Jawa Timur seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Lamongan, dan Magetan, serta di NTT dan Bali. 

"Acara deklarasi moderasi beragama kali ini kami kemas dengan diseminasi hasil penelitian juga. Hal ini kami lakukan karena permintaan yang banyak dari Jawa Tengah ini," jelasnya. 

Adapun peserta pada kegiatan ini berasal dari utusan instansi pemerintah, organisasi keagamaan, dan tokoh-tokoh agama yang ada di Semarang.

Kegiatan Deklarasi Moderasi Beragama ini merupakan kegiatan safari BLAS dalam rangka mendukung program Kementerian Agama tentang penguatan 4 pilar moderasi beragama. Kegiatan ini sebelumnya sudah dilaksanakan diberbagai kota yang ada di DIY, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, diantaranya di Surabaya, Sidoarjo, Kota Batu, Lamongan, Magetan, Yogyakarta, dan Semarang. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES