Tekno

8 Aplikasi Pembaca PDF di Android Terbaik, Gratis!

Jumat, 26 November 2021 - 06:43 | 1.03m
Ilustrasi Aplikasi Pembaca PDF di Android. (FOTO: Ponselio)
Ilustrasi Aplikasi Pembaca PDF di Android. (FOTO: Ponselio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aplikasi pembaca PDF dibutuhkan terutama oleh mereka yang berkecimpung dengan dokumen digital. Mulai pelajar, mahasiswa, hinga pegawai kantor.  Tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang biasa membaca ebook dengan format PDF.

Sebenarnya hampir semua browser seperti Chrome, Firefox dan Microfost Edge dapat digunakan untuk membuka file PDF. Namun browser tersebut memiliki keterbatasan.

Oleh karena itu, aplikasi pembaca PDF di Android dibutuhkan agar pengguna atau pembaca ebook tetap bisa menjalankan tugas atau aktivitasnya. 

Ada banyak tersedia aplikasi pembaca PDF di Android. Namun, umumnya ada dua kasus penggunaan untuk file PDF. Pertama untuk bisnis. Anda dapat membuat formulir dalam format PDF dan meminta orang untuk mengisinya.

Kedua, aplikasi pembaca PDF di android  yangdigunakan untuk membaca buku elektronik atau ebook. Biasanya, aplikasi pembaca PDF hanya melayani salah satu dari dua hal tersebut. 

Rekomendasi 8 Aplikasi Pembaca PDF di Android

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format. Format dokumen ini sangat dibutuhkan di era digital. Isi dari format dokumen ini bisa berupa gambar, teks, maupun konten interaktif lainnya. Tidak cukup hanya dengan menggunakan aplikasi office saja.

Selama ini, dokumen dengan format Microsoft Office yang banyak digunakan untuk membantu pekerjaan. Namun kini Anda bisa juga menggunakan format file PDF.

Ada banyak tersedia aplikasi pembaca PDF di android maupun windows. Dengan aplikasi tersebut, file menjadi lebih mudah terbaca.

Anda bisa membaca dokumen atau buku elektronik (ebook) berformat PDF dengan menggunakan ponsel Android. Anda yang ingin menggunakannya, simak rekomendasi 8 aplikasi pembaca PDF di Android.

Berikut ini 8 aplikasi pembaca PDF di Android dan bisa diunduh secara gratis.

1. Adobe Acrobat Reader
Adobe Acrobat Reader merupakan aplikasi pembaca PDF gratis yang direkomendasikan. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur termasuk kemampuan membuat anotasi dan catatan PDF, mengisi formulir, dan dukungan penyimpanan cloud.

Aplikasi ini menarik karena bisa membuka lebih dari satu file PDF besar secara bersamaan. Selain itu, ini juga dibekali dengan tools yang diharapkan seperti menyorot teks, menambahkan komen dan menandatangani formulir.

2. CamScanner
Aplikasi pembaca PDF di android yang perlu menjadi dipertimbangkan adalah CamScanner. Aplikasi ini meng-import PDF. Selain itu, aplikasi memiliki berbagai fitur untuk meningkatkan proses pemindaian yang membantu membuat beberapa dokumen bersih dan jernih.

3. Google PDF Viewer
Aplikasi pembaca PDF di android lainnya adalah Google PDF Viewer. Aplikasi ini dikembangkan oleh Google, dan tentunya sudah terintegrasi dengan Google Drive, seperti Document, Spreadsheet, dan Slide untuk membacanya di sini.

Aplikasi pembaca PDF android ini terbilang sederhana dengan fitur esensial seperti pencarian, memilih teks untuk disalin, dan lainnya. 

4. PDF Viewer Pro
Selanjutnya, aplikasi pembaca PDF di android adalah PDF Viewer Pro. Pada dasarnya, aplikai ini membawa fitur basic yang mencakup annotations, cloud support, zoom, bookmark, dan banyak lagi. 

Dalam versi pro, aplikasi ini menambahkan tema, multiple customization options, dan dokumen yang digabung menjadi satu PDF.

5. WPS Office
Aplikasi pembaca PDF di android yang juga terbaik dan populer adalah WPS Office. Aplikasi ini bisa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan maupun pendidikan. 

WPS Office hadir dengan berbagai fitur menarik dan tentu memudahkan penggunanya. Akan lebih mudah dalam membuka dan membaca file PDF. 

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa untuk mengedit file PDF secara langsung melalui ponsel Android. Hal ini penting mengingat sebagian besar aplikasi perkantoran yang berurusan dengan berbagai dokumen, spreadsheet, dan sejenisnya dilengkapi PDF juga. 

Anda dapat mengkonversi berbagai dokumen ke PDF dan melihat file secara asli. Aplikasi ini bisa mengkonversi secara gratis, misal dari PDF ke Word maupun sebaliknya.

6. Foxit Reader
Aplikasi pembaca PDF di Android lainnya yang populer adalah Foxit Reader atau Foxit PDF Reader Mobile.

Seperti aplikasi pembaca PDF android lainnya, Foxit Reader mengakomodasi berbagai kebutuhan penggunanya, baik untuk bisnis maupun membaca e-book.

Untuk keperluan bisnis, Anda bisa mendapatkan fitur seperti anotasi, menandatangani dokumen, dan lainnya. Sedangkan bagi pembaca e-book, Anda diberikan fitur navigasi yang mudah, dukungan bookmark, manajemen PDF, dan penyimpanan cloud. 

Ada pula beberapa fitur premium, seperti export PDF hingga edit PDF yang bisa dinikmati dengan memanfaatkan opsi berlangganan.

Aplikasi ini dinilai cocok untuk pemula yang ingin mencoba membaca file PDF di android. Anda bisa mendapatkan aplikasi Foxit Reader secara gratis. 

7. Xodo PDF Reader
Xodo PDF Reader merupakan salah satu aplikasi pembaca PDF di android. Aplikasi ini juga cukup diminati para pengguna android.

Kenapa begitu? Pasalnya, aplikasi pembaca PDF ini dikenal sebagai all-in-one PDF reader dan PDF annotator/editor yang kaya akan fitur dan mudah untuk dioperasikan.

Ada juga fitur Optical Character Recognition (OCR), yang memungkinkan kamera HP difungsikan sebagai alat scan suatu file dan diubah ke dalam bentuk file PDF.

Urusan mengelola file pun semakin dipermudah berkat hadirnya fitur File Manager. Fitur yang memungkinkan kamu mengganti nama, menghapus, memindahkan, hingga meng-copy file atau folder.

8. Polaris Viewer
Nah, aplikasi pembaca PDF di android berikutnya adalah Polaris Viewer. Aplikasi ini berfungsi untuk membuka file dengan format office, seperti DOC, XLS, PPR, PDF, TXT, dan ZIP.

Aplikasi ini memang memiliki fungsi utama untuk membaca e-book dengan mode landscape, portrait, dan multi-window dengan user interface berbahasa Indonesia.

Di aplikasi Polaris Viewer, Anda bisa mendapat dukungan fitur Text-to-Speech (TTS) dan mode malam untuk membaca lebih nyaman di mata.

Demikian rekomendasi aplikasi pembaca PDF di android terbaik. Semua aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis. Tentu tersedia pula yang berbayar alias premium untuk membuka beberapa fitur yang terkunci. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES