Peristiwa Daerah

Hari Guru Nasional di Majalengka, Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan

Kamis, 25 November 2021 - 16:22 | 30.99k
Bupati Majalengka, Karna Sobahi menghadiri peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 76 tahun 2021 tingkat Kabupaten Majalengka. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Bupati Majalengka, Karna Sobahi menghadiri peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 76 tahun 2021 tingkat Kabupaten Majalengka. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Di momen Hari Guru Nasional 2021 ini, Bupati Majalengka Karna Sobahi, mengucapkan selamat pada guru dan PGRI, khususnya di Kabupaten Majalengka, yang telah berkiprah serta berperan dalam mewujudkan mutu pendidikan di Negeri ini.

Hal tersebut diungkapkan pada peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 76 tahun 2021 tingkat Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, di Gedung Islamic Center, Kamis (25/11/2021). Menurutnya, bahwa guru adalah petugas profesi yang berada di barisan terdepan dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan.

Hari Guru Nasional majalengka 2

Guru juga merupakan tenaga pengajar dan pendidik yang senantiasa mencurahkan pikiran, perasaan, tenaga dan waktu untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan diri.

"Guru sebagai pendidik untuk menghasilkan karakter dan watak generasi muda di jaman yang serba milenial. Peran guru juga harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman dengan didasari pola pendidikan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud," paparnya.

Tak hanya itu, guru juga adalah insan akademik yang digugu dan ditiru. Guru merupakan ilmu pengetahuan yang berjalan. Guru juga sebagai teladan bagi peserta didik, masyarakat dan keluarganya.

"Kami meminta kepada semua guru untuk bisa menerapkan pola belajar yang menghasilkan mutu pendidikan berkualitas dan peningkatan prestasi murid," harapnya.

Menurut Karna Sobahi, bahwa profesi guru akan mengalami peningkatan peran dalam pendidikan Indonesia di masa depan. Hal ini mengandung makna bahwa peran dan keberadaan guru dalam pendidikan semakin dibutuhkan.

Sementara itu, kata dia, bahwa perkembangan dan kemajuan teknologi maupun produk teknologi, dipastikan tidak akan dapat menggantikan keberadaan seorang guru secara utuh dalam dunia pendidikan.

Hari Guru Nasional majalengka 3

"Selain itu, kami juga berharap pendidikan anti korupsi dimunculkan dalam kegiatan belajar di sekolah. Ini merupakan pembelajaran dini buat anak - anak sekolah tentang pemahaman korupsi," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka, Lilis Yuliasih mengungkapkan, bahwa peringatan hari guru tersebut sebagai wujud menghormati peran penting guru dalam mencerdaskan bangsa.

Dengan mengusung tema 'Bergerak dengan hati, Pulihkan Pendidikan menuju Majalengka Raharja l' yang dipilih  mengingat sekarang dunia pendidikan juga sedang berjuang untuk memberikan pendidikan untuk generasi muda bangsa di tengah-tengah masa pemulihan pasca pandemi Covid-19

"Dengan semangat mencerdaskan bangsa maka peran guru dimasa sekarang ini harus benar-benar meningkatkan kualitas pendidikan, apalagi dimasa pandemi sekarang ini dengan pola belajar daring," ucap Lilis.

Seperti diketahui, bahwa pada Hari Guru Nasional di Kabupaten Majalengka tahun 2021 ini diperingati dengan berbagai kegiatan. Diantaranya seminar pendidikan, pemberian bantuan bagi guru dan lomba mars PGRI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES