Indonesia Positif

PKK Giritirto Kebumen Dilatih Mengolah Makanan Bahan Baku Porang

Kamis, 25 November 2021 - 16:14 | 46.80k
Ibu - ibu PKK Desa Giritiro, Kebumen mengikuti pelatihan dari Disnakertans dan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah. (FOTO: Wahjdoe Jatmika for TIMES Indonesia)
Ibu - ibu PKK Desa Giritiro, Kebumen mengikuti pelatihan dari Disnakertans dan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah. (FOTO: Wahjdoe Jatmika for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEBUMEN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bekerja sama dengan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah selama tiga hari melakukan pelatihan pengolahan makanan bahan baku Porang atau Badul di Desa Giritirto, Kebumen.

Pelatihan yang dimulai hari ini, Kamis - Sabtu (25 - 27/11/2021) dipusatkan di Balai Desa Giritirto diikuti oleh ibu - ibu penggerak desa setempat. Mereka diberikan pelatihan cara membuat tepung/beras porang, mie porang  dan kerupuk porang. 

Hadir dalam kegiatan ini Hj Sri Ruwiyati SE MM, Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ny Kartika dari Disnakertrans Jateng, Ny Halimah (Disnakertans Kabupaten Kebumen), Bambang Tris (Anggota DPRD Kebumen) dan Sugito (Kades Giritirta).

PKK Desa Giritiro 2

Sedangkan narasumber pelatihan adalah dari Bank Jateng, dan Sigit, ahli pengolahan makanan bahan baku porang asal Kebumen.

Saat membuka pelatihan, Hj Sri Ruwiyati berpesan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan hingga tuntas. Sehingga memahami dan menguasai teknik pengolahan porang menjadi bahan makanan yang bernilai ekonomis.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ny Kartika dan Bambang Tris. Keduanya berharap, setelah mengikuti pelatihan warga Giritirto dapat mengolah komoditas porang menjadi sesuatu yang berharga dalam perekonomian Kebumen.

PKK Desa Giritiro 3

Mengingat Porang salah satu jenis tanaman yang lagi booming karena kandungan dan khasiatnya yang luar biasa.

Kades Giritirto, Kebumen, Sugito menyampaikan terima kasih atas kepedulian dari pemerintah dan DPR Provinsi Jawa Tengah sehingga pelatigan Porang bisa dilakukan di desanya.

Ia berjanji akan terus mendorong ibu ibu di Desanya untuk melakukan inovasi terhadap pengembangan olahan bahan baku porang.

Diketahui porang ternyata memiliki keunggulan sebagai pengganti karbohidrat. Namun olahan porang di Indonesia belum setenar di luar negeri

Ada 5 hasil olahan tanaman porang, yakni tepung porang, Mie Shirataki, Agar-agar, Beras Shirataki dan Bakso Porang.

Sementara pada pelatihan tersebut, ibu - ibu PKK Desa Giritirto, Kebumen diajari cara membuat Tepung/beras porang, mie korea , krupuk porang. Tidak itu saja mereka juga mendapat bantuan bantuan 4 set mesin pengering porang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES