Ekonomi

Melihat Progres Terbaru dari Mega Proyek JIS

Kamis, 25 November 2021 - 16:24 | 68.24k
Jakarta International Stadium atau JIS memasuki tahap penyelesaian 52 corporate box. (FOTO: dok JIS)
Jakarta International Stadium atau JIS memasuki tahap penyelesaian 52 corporate box. (FOTO: dok JIS)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMega proyek Jakarta International Stadium atau JIS memasuki tahap penyelesaian 52 corporate box sebagai sebuah ruang khusus yang diciptakan dan didesain untuk penikmat acara olahraga ataupun acara lain seperti konser dengan penuh gaya.

Manajer Proyek JIS, Ary Wibowo menyampaikan, 52 corporate box tersebut berlokasi di tribun timur dan barat dengan jumlah 13 boks per lantai.

Lokasi dan letak corporate box memungkinkan penonton menikmati pemandangan terbaik secara privat bersama orang-orang favorit, tanpa deru keramaian.

Jakarta International Stadium b

Kata dia, ruangan khusus tersebut tentunya dilengkapi dengan pemandangan spektakuler langsung menghadap arena lapangan tanpa gangguan dan halangan.

"Pada masing masing boks tersebut, tentunya disiapkan interior yang nyaman, tempat duduk yang empuk, balkon dan ruang dalam sesuai pilihan boks yang diinginkan," katanya kutip dari media resmi Pemrov DKI Jakarta, Kamis (25/11/2021)

Sebagai stadion berstandar FIFA, JIS juga memperhatikan sisi pelayanan penonton dengan menyediakan ruang khusus bernama corporate box.

Corporate box ini merupakan fasilitas hospitality di JIS yang memiliki view terbaik saat nonton pertandingan sepak bola ke arah lapangan utama atau gelaran bergengsi lainnya,

Pembangunan JIS juga telah sampai pada pemasangan 500 kursi berdesain tunggal berwarna oranye di tribun penonton. Pemasangan tersebut dilakukan sejak sepekan kemarin dengan target 25.000 kursi telah dipasang pada awal Desember 2021 nanti.

“Kalau total kapasitas stadion 82.000, kami targetkan kalau per akhir bulan ini atau awal Desember terpasang kurang lebih 25.000. Semuanya single seat, satu penonton satu tempat duduk," jelasnya.

Nantinya, peluncuran awal lapangan utama JIS bersamaan dengan pertandingan Final Turnamen Persahabatan bertajuk International Youth Championship 2021 yang akan menghadirkan FC Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18, Real Madrid U-18 dan Indonesia All Star U-20.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pelaksana proyek JIS mempersiapkan pembangunan stadion milik warga DKI Jakarta secara simultan dengan target rampung pada 2022 mendatang.

Sejauh ini, progresnya sudah terpasang rumput hibrida atau perpaduan rumput sintetis dan alami yang berstandar FIFA. Adapun persiapan selanjutnya adalah penyelesaian pemasangan atap, fasad, hingga tribun penonton.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Mohamad Taufik juga mengapresiasi pembangunan JIS ini. Kata dia, JIS akan menjadi salah satu stadion sekaligus ruang publik kebanggaan masyarakat ibu kota yang sangat potensial dikembangkan menjadi sport tourism terbaik di Indonesia.

"Inikan bisa jadi sport tourism, bisa menjadi sarana konser dan multifungsi. Sehingga, dari kegiatan itu yang nantinya dapat membiayai perawatan JIS ini. Kami berpesan bahwa tolong ini diselesaikan secara baik tepat waktu. Ini harapan masyarakat Jakarta dan masyarakat pecinta sepak bola," katanya.

Taufik meminta kepada PT Perseroda selaku pengembang sekaligus pengelola JIS untuk selalu konsisten mengajak dan membina masyarakat sekitar stadion agar berkolaborasi menjaga keamanan dan keindahan stadion berstandar FIFA dengan kapasitas 82.000 penonton tersebut.

"Stadion ini harus membawa manfaat untuk masyarakat sekitar. Harus diajak untuk mengamankan dan berkontribusi kepada stadion kebanggaan masyarakat Jakarta," ujarnya.

Jakarta International Stadium c

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakpro (Perseroda), Widi Amanasto menuturkan, realisasi pembangunan JIS hingga minggu ke-111 mencapai 76,52 persen.

Pengerjaan fitur unggulan stadion saat ini sudah memasuki tahap akhir (finishing) seperti, corporate box, media room, royal lounge, press conference room, dan locker room home and away.

Sementara untuk pemasangan rumput stadion utama hampir mencapai 100 persen. "InsyaAllah target kita hingga akhir bulan ini progresnya bisa mencapai 80 persen," jelasnya.

Menurutnya, JIS tidak hanya akan meningkatkan prestasi olahraga di level Jakarta hingga nasional, namun JIS bisa mengembalikan peran wilayah Jakarta Utara sebagai sentral ekonomi baru di Jakarta Utara.

"Masyarakat Jakarta Utara khusunya bisa menjadi pelaku ekonomi di sekitar lokasi JIS. Jika ada pertandingan atau event, usaha-usaha ini bisa dikembangkan masyarakat yang tinggal di tempat ini," katanya.

Munculnya JIS bukan hanya sekadar menjadi stadion bagi warga Jakarta, tetapi juga bisa menjadi pusat pariwisata baru berskala internasional yang kelak dapat meningkatkan perekonomian kawasan sekitarnya.

"JIS dibangun sebagai stadion multi-event bertaraf internasional yang berpihak pada seluruh masyarakat, serta mendukung visi kota yang liveable dan berkelanjutan," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES