Pendidikan

Hari Guru Nasional, PDI Perjuangan Bicara Peran Sentral Guru dalam Peradaban Indonesia

Kamis, 25 November 2021 - 16:00 | 20.26k
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (FOTO: Dok. PDI Perjuangan)
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (FOTO: Dok. PDI Perjuangan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto pada momentum peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 mengatakan, bahwa guru memiliki peran sentral dalam meningkatkan peradaban Indonesia.

Kata dia, melalui politik pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsa, para guru memiliki andil terpenting di dalam mendidik putra putri Indonesia agar merdeka dan bergerak menguasai ilmu pengetahuan sebagai syarat penting kemajuan bangsa.

"Guru juga punya peran penting di dalam memerkuat narasi keIndonesiaan. Dunia pendidikan harus menjadi wahana bagi pendidikan budi pekerti; pendidikan yang membangun kesadaran sejarah perjuangan bangsa dan sekaligus menggelorakan semangat nasionalisme," ucapnya, Kamis (25/11/2021).

Atas dasar hal tersebut, lanjut Hasto, profesi guru harus ditempatkan pada posisi strategis. Guru harus mendapatkan akses yang luas untuk meningkatkan kompetensinya dengan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti S2, S3 dan program post doktoral. Selain itu tunjangan sosial dan juga kesejahteraan para guru harus dikedepankan” 

"PDI Perjuangan menginstruksikan kepada tiga pilar partai (struktural, eksekutif dan legislatif partai) untuk benar-benar membantu pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar, hingga perguruan tinggi dengan menajdikan guru sebagai mitra bagi kemajuan dunia pendidikan Indonesia." tegas Hasto Kristiyanto di momen Hari Guru Nasional 2021. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES