News Commerce

Mudah dan Cepat, Ini Sederet Manfaat Gunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit saat Berbelanja

Kamis, 25 November 2021 - 15:35 | 23.21k
Ilustrasi. (Foto: Lifepal)
Ilustrasi. (Foto: Lifepal)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebutuhan pokok yang semakin banyak dan bervariasi membuat tak sedikit orang tertarik untuk memanfaatkan cicilan tanpa kartu kredit sebagai salah satu opsi pembayaran. Cicilan tanpa kartu kredit atau bisa juga disebut dengan paylater merupakan layanan keuangan keluaran perusahaan financial technology atau fintech yang cukup populer di kalangan masyarakat. 

Dengan memanfaat metode pembayaran tersebut, pengguna mampu menyelesaikan transaksi belanja tanpa harus mengeluarkan uang di muka. Melainkan, pihak penyedia layanan tersebut akan menalangi tagihan transaksi terlebih dahulu, baru pengguna melunasinya dengan cara sekali bayar atau mencicil dengan waktu yang sudah ditentukan. 

Hal tersebut tentu saja membuat layanan kredit online menjadi semakin bermanfaat dan menguntungkan saat digunakan untuk berbelanja. Nah, bagi Anda yang masih bertanya-tanya manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari penggunaan cicilan tanpa kartu kredit ketika berbelanja kebutuhan, ulasan berikut ini bisa menjadi jawabannya.

1.    Lebih Nyaman dan Aman Penuhi Segala Kebutuhan

Dengan memilih layanan yang terdaftar dan mengantongi izin usaha dari OJK, jaminan keamanan dan juga kenyamanan saat menggunakan kredit tanpa kartu ini pasti Anda dapatkan. Pasalnya, lembaga finansial yang legal, terpercaya, dan kredibel tentu akan mengikuti aturan jasa keuangan yang berlaku. 

Mulai dari rincian dan transparansi tagihan, tingkat bunga dan denda keterlambatan yang dibebankan, hingga metode penagihan, semuanya telah disesuaikan dengan aturan dan regulasi yang berlaku. Dalam kata lain, kenyamanan dan keamanan menjadi pengguna layanan ini tidak perlu diragukan lagi.

2.    Tak Lagi Risau saat Diterpa Kebutuhan Mendesak

Walaupun memiliki penghasilan tetap, arus keuangan bisa bergerak fluktuatif akibat pengeluaran atau kebutuhan yang tak tentu setiap bulannya. Ada kalanya pengeluaran dalam satu bulan terbilang kecil. Namun, di bulan berikutnya, kebutuhan mendadak melonjak dan membengkakkan pengeluaran hingga harus mengambil isi tabungan. 

Jika isi tabungan masih mencukupi tentu tidak akan menjadi masalah yang berarti. Namun, bagaimana kalau pengeluaran untuk kebutuhan mendesak tersebut terlalu besar hingga tak mampu dijangkau oleh keuangan?

Kebutuhan tidak terduga dan mendesak tersebut seringkali menjadi penyebab seseorang membutuhkan layanan kredit yang siap digunakan kapan saja. Di sinilah Anda dapat menjadikan cicilan tanpa kartu kredit sebagai salah satu solusi untuk menyiasati risiko terjadinya hal tersebut.

3.    Syarat dan Proses Pengajuan Ringan, Praktis, Juga Simpel

Kelebihan cicilan tanpa kartu kredit atau paylater yang paling disenangi oleh penggunanya adalah memiliki syarat dan proses pengajuan yang ringan, praktis, juga simpel. Sesuai namanya, layanan ini tak membutuhkan kepemilikan kartu kredit untuk bisa digunakan. Anda hanya perlu menyiapkan KTP dan sejumlah dokumen pribadi lainnya untuk mengajukan layanan ini. 

Jika semua persyaratan dan ketentuan telah dipenuhi, tidak butuh waktu lama pengajuan kredit tanpa kartu akan disetujui. Jadi, Anda pun bisa langsung memanfaatkan layanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan apa pun yang mendesak. 

4.    Opsi Pembayaran yang Fleksibel serta Praktis

Layanan kredit tanpa kartu bisa dibilang sebagai opsi pembayaran yang fleksibel karena bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan transaksi atau memenuhi kebutuhan apa pun. Selain itu, dengan animo konsumen yang tinggi terhadap metode pembayaran ini, hampir semua platform e-commerce saat ini telah menyediakan layanan tersebut. 

Selain itu, cicilan tanpa kartu ini bisa digunakan kapanpun dan dimanapun dibutuhkan karena dapat dipasang di smartphone tanpa harus melakukan pengajuan atau pemasangan di kantor penyedia layanannya. Jadi, Anda pun mampu menghemat waktu dan tenaga untuk bisa memanfaatkan layanan keuangan ini dengan optimal. 

Jangan Terlena dan Tetap Bijak Gunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit saat Berbelanja

Itulah sederet manfaat dan kelebihan yang bisa dirasakan saat menjadi pengguna cicilan tanpa kartu kredit. Walaupun menawarkan segudang keuntungan, jangan terlena dan tetap bijak menggunakan layanan tersebut ketika berbelanja. 

Sebagai salah satu jenis produk pinjaman, kredit tanpa kartu sudah pasti akan memberi beban berlebihan bagi keuangan jika digunakan secara berlebihan dan tak sesuai dengan kemampuan bayar. Hindari menggunakan layanan ini hingga beban tagihan per bulannya melebihi 30 persen pendapatan bulanan agar kebutuhan penting lainnya tetap bisa dipenuhi dengan lancar dan menurunkan risiko kredit macet atau gagal bayar. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES