Peristiwa Nasional

HGN 2021, Menag RI Tegaskan Komitmen untuk Kawal Program Afirmasi Kesejahteraan Guru

Kamis, 25 November 2021 - 14:57 | 23.09k
Menag RI Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: Dok. Kemenag RI)
Menag RI Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: Dok. Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memperingati Hari Guru Nasional 2021(HGN 2021), Menteri Agama (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa Kementerian Agama (Kemenag RI) berkomitmen untuk terus mengawal pelaksanaan program afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan dan kompetensi guru.

"HGN selalu memberi pesan tentang besarnya jasa para guru. Untuk itu, tugas Kemenag adalah mengawal pelaksanaan program-program afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan dan kompetensi mereka," ujar Menag Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menag Yaqut mengatakan, HGN merupakan bentuk pengakuan negara atas besarnya peran dan kiprah guru dalam mencerdaskan generasi bangsa dan mengisi kemerdekaan.

Maka dari itu, Kemenag akan terus meningkatkan kepedulian dan perhatian terhadap para guru. Salah satunya melalui program afirmasi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Ia mencontohkan sejumlah program afirmasi yang dilakukan sepanjang 2021 seperti mencairkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) baik bagi guru madrasah maupun guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah dengan anggaran mencapai Rp9,9 triliun untuk 307.380 guru (PNS dan non-PNS).

Kemenag juga telah memberikan bantuan insentif kepada 273 ribu guru dengan anggaran sebesar Rp647 M. Sekitar Rp1,7 triliun juga telah disalurkan untuk menyelesaikan pembayaran selisih tunjangan kinerja (Tukin) guru madrasah yang terhutang sejak 2015-2018.

Tercatat ada 85.820 guru madrasah yang menerima manfaat dari afirmasi ini. Demikian juga dengan pembayaran Tukin terutang guru Pendidikan Agama Islam dengan anggaran mencapai Rp158 miliar.

"Kemenag juga memberikan bantuan tunjangan khusus untuk 4.700 guru di wilayah 3T, dengan anggaran sebesar Rp76,1 miliar rupiah," jelas Menag.

Pada aspek peningkatan kompetensi, kata dia, Kementerian Agama telah dan tengah mengupayakan penguatan program sertifikasi guru melalui jalur Pendidikan Profesi Guru (PPG), pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG).

Lalu, Asesmen Kompetensi Pengawas, Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah, serta sejumlah kegiatan penyelenggaraan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Yang jelas pada momentum HGN 2021, tegas Menag RI Yaqut Cholil Qoumas, Kemenag terus berkomitmen untuk terus mengawal pelaksanaan program afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan dan kompetensi guru.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES