Kesehatan

Mengenal Tumbuhan Gandarusa yang Miliki Khasiat Luar Biasa

Kamis, 25 November 2021 - 14:29 | 612.62k
Gandarusa yang diketahui banyak manfaat. Foto: jurnalbumi
Gandarusa yang diketahui banyak manfaat. Foto: jurnalbumi

TIMESINDONESIA, JAKARTAGandarusa yang juga biasa disebut dengan daun rusa adalah jenis tumbuhan dan sering dijumpai di pekarangan rumah. Biasanya, tanaman ini digunakan untuk pagar hidup.

Meski terlihat sebagai tanaman remeh, gandarusa ternyata punya banyak manafaat, salah satunya sebagai alat kontrasepsi bagi pria. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Airlangga karena daun gandarusa mengandung polifenol yang dapat membuat sperma takkan mampu untuk menembus dinding sel telur. 

Gandarusa.jpg

Selain kegunaan gandarusa seperti yang telah disebutkan, gandarusa ternyata memiliki manfaat lain untuk penyakit tertentu. Bahkan terdapat penelitian yang mana menyatakan jika gandarusa bermanfaat untuk penderita HIV. Berikut ulasan dari khasiat dan manfaat gandarusa: 

1. Sembelit

Dalam kandungan daun gandarusa terdapat laksatif yang akan membantu dalam melancarkan buang air besar. Selain itu, pencernaan akan lebih optimal dan sembelit perlahan akan mereda. Hal ini bukanlah sesuatu yang baru karena gandarusa sudah banyak digunakan untuk mengatasi masalah buang air besar. 

2. Radang Sendi

Penderta radang sendi biasanya akan memanfaatkan akar dari tumbuhan gandarusa. Karena akar pada tumbuhan ini banyak mengandung ekstrak etanol. Kandungan tersebut banyak digunakan untuk mengobati radang sendi karena etanol memiliki manfaat yang sama dengan aspirin. 

3. Mengobati Luka

Pada saat kulit seseorang terluka, hal itu memudahkan bakteri dari luar akan mudah masuk sehingga memperlambat penyembuhan luka. Dengan menggunakan tumbuhan gandarusa, kandungan ekstrak chlorofomm, hexane, dan ethanol akan bekerja sebagai obat antibakteri dan mempercepat penyembuhan luka. 

4. Alat Kontrasepsi Alami untuk Pria

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gandarusa juga berfungsi sebagai alat kontrasepsi untuk pria. Karena memiliki kandungan yang dapat menekan produksi spermatozoa sehingga takkan mampu menembus dinding sel telur. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (UNAIR) dan diharapkan bermanfaat terutama bagi para pria yang ingin memanfaatkannya sebagai alat kontrasepsi. 

5. Penyakit HIV

Untuk manfaat yang satu ini pernah diketahui jika daun gandarusa mengandung adanya aktivitas anti-HIV. Penelitian ini sudah dilakukan oleh Unair namun masih diperlukan penelitian lanjut untuk manfaat ini. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES