Peristiwa Daerah

Permintaan Rumah Sakit Naik, Jemaat Gereja Bantu Stok Darah PMI Gresik

Kamis, 25 November 2021 - 14:48 | 36.95k
Salah satu guru mengikuti donor darah yang digelar Bamag Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Salah satu guru mengikuti donor darah yang digelar Bamag Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Berkolaborasi dalam membantu ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia Kabupaten Gresik (PMI Gresik), jemaat gereja menggelar bakti sosial donor darah

Sejak pagi, masyarakat dari berbagai kalangan ikut donor darah. Seusai donor, mereka mendapatkan souvernir. Kegiatan itu dilaksanakan di RS Eka Husada, Kecamatan Menganti, Kamis (25/11/2021).

Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Gresik Royke Willem David mengatakan, donor darah ini merupakan kegiatan yang rutin digelar. Upaya ini, kata dia sebagai bakti sosial untuk sesama.

"Ini merupakan kegiatan yang ketiga kali ini agar PMI Gresik tak kekurangan darah. Tak hanya jemaat kami, ini untuk semua suku agama," katanya.

donor darah PMI Gresik 2Pengurus Bamag Gresik saat memberikan keterangan pers terkait kegiatan donor darah (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

Pendeta Royke menambahkan, meningkatnya kasus demam berdarah dangue (DBD) membuat ia prihatin. Kebutuhan akan darah samakin tinggi. "Target kami 50 kantong, tapi pendaftarnya 100 lebih. Semua undang guru semua masyarakat agar dorong, stok darah tak mengalami kekurangan," terangnya.

Sementara itu, Unit Transfusi Darah PMI Gresik, Aan Putra menambahkan, musim pancaroba seperti ini biasanya permintaan darah dari rumah sakit tinggi. "Meski permintaan tinggi, stok kami cukup. Di kami ada 1.500 kantong yang ready. Tapi kami terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan donor darah," ucap dia.

Aan menambahkan, bulan ini pihaknya ditarget bisa mengumpulkan darah sebanyak ribuan kantong. Untuk itu, dia bersama tim terus bergerilya. Menurutnya, penting bagi seseorang bisa mengikuti donor darah. Selain bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri, donor juga membantu sesama yang membutuhkan darah.

"Bulan ini ditarget dua ribuan kantong. Kita terus mobile, bersama komunitas dan lembaga untuk mencapai target itu," imbuhnya.

Ria Resty salah satu guru yang ikut dalam kegiatan itu menyatakan, dirinya rutin setiap tiga bulan sekali ikut donor darah. Kebetulan, kali ini ada kegiatan donor darah yang digelar Bamag Gresik.

"Selain badan jadi enteng, donor darah ini juga bermanfaat untuk membantu sesama. Mulai aktif donor sejak kuliah dulu," ucapnya usai mengikuti kegiatan donor darah PMI Gresik yang digelar jemaat gereja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES