Pendidikan

Mahasiswa Kebidanan Politeknik Banjarnegara Berkebun Tanaman Obat

Kamis, 25 November 2021 - 13:22 | 41.53k
Mahasiswi Kebidanan Politeknik Banjarnegara belajar Berkebun Tanaman Obat (FOTO: Polibara for TIMES Indonesia)
Mahasiswi Kebidanan Politeknik Banjarnegara belajar Berkebun Tanaman Obat (FOTO: Polibara for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Program studi D3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara memiliki visi melahirkan para calon tenaga bidan kompeten, handal dan produktif dalam bidang kebidanan komunitas. Untuk mewujudkannya dilakukan melalui sejumlah terobosan termasuk mengintegrasikan keterampilan hidup (life skills) dalam proses perkuliahan.

Seperti pada semester gasal ini, mata kuliah Bahasa Inggris sebanyak dua SKS yang diampu oleh Dr Tuswadi, juga memasukan muatan keterampilan hidup ciri khas tenaga bidan yakni berkebun tanaman obat (Medical Plants Gardening).

“Mata kuliah bahasa Inggris untuk Kebidanan (English for Midwifery) yang saya ampu disusun dengan sangat terstruktur dengan memadukan empat keterampilan berbahasa Inggris yakni listening, speaking, reading, and writing dihubungkan dengan dunia medis kebidanan," katanya.

Selama 9 kali tatap muka katanya, para mahasiswa dilatih lancar dan fasih berbahasa Inggris membahas isu-isu seputar pelayanan kebidanan. Lebih banyak praktik sebesar 70 persen melalui presentasi dan menghasilkan produk,” jelas Dr Tuswadi yang juga menjabat sebagai Direktur Polibara.

Untuk Tema Global Water Crisis, para mahasiswa Kebidanan dipahamkan pentingnya eksistensi air bersih bagi kehidupan manusia termasuk ibu hamil dan anak. Di ban

Di banyak negara yang kekurangan air bersih tidak sedikit ibu hamil yang mengalami masalah persalinan dan dalam menyusui bayi.

Seperti diketahui 60 persen bagian dalam tubuh manusia adalah air sehingga tanpa konsumsi air bersih yang memadai akan menimbulkan banyak masalah kesehatan termasuk kematian.

Mahasiswi Kebidanan Politeknik b

From 70% of water in this earth, only 1% of it is fresh water. Most of water in this earth is salty water and frozen one,” jelas Dr Tuswadi di hadapan mahasiswa yang diajarnya dalam bahasa Inggris.

Untuk memadukan keterampilan hidup dalam perkuliahan bahasa Inggris, para mahasiswa menggunakan 30 menit pertama sebelum jam kuliah (07.30-08.00) untuk praktik.

Kemarin (24/11/2021) para mahasiswa praktik mengenal kebun sayur dan obat sederhana di lingkungan Politeknik sambil belajar menyiangi perdu-perdu sehingga tanaman cabai dan yang lainnya dapat tumbuh subur.

“Saya suka berkebun jadinya dan paham bahwa seorang calon bidan harus pintar berkebun untuk menjamin ketersediaan tanaman obat seperti kunyit, kencur, daun mint, termasuk sayur bergizi seperti tomat, cabe, dan yang lainnya," kata Wantri, mahasiswi Kebidanan semester 3 bangga.

Mulanya ia kaget, kok kuliah bahasa Inggrisnya ada kegiatan berkotor-kotor di kebun. Ternyata memang harus begitu. "Di Politeknik, dosen-dosennya keren keren dan kreatif," kilah Wantri, mahasiswi Kebidanan semester 3 Politeknik Banjarnegara.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES