Pendidikan

Top! Peserta Gerakan Pelajar Menulis Banyuwangi Raih Juara Reportase Tingkat Nasional

Kamis, 25 November 2021 - 13:10 | 54.86k
Viola Rahmadani (jilbab hitam) bersama tim (Foto : Rizki Alfian/ TIMESIndonesia)
Viola Rahmadani (jilbab hitam) bersama tim (Foto : Rizki Alfian/ TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIViola Rahmadani, siswi SMA Negeri 1 Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, berhasil memenangi lomba reportase budaya dari Direktorat Perlindungan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikburistek RI). Dara cantik peserta Gerakan Pelajar Menulis (GPM) Banyuwangi itu, meraih juara tingkat nasional pada kategori hiburan dengan karya 'Kesenian Jaranan Buto' yang ia unggah melalui akun youtubenya.

Viola menjadi salah satu dari 11 pemenang perlombaan, yang diikuti oleh sebanyak 328 peserta pada kategori pelajar dan 353 kategori umum se Indonesia.

"Saya awalnya tidak tahu tentang lomba ini, lalu saya diajak teman saya Efangga untuk mengikuti lomba ini," kata Vio sapaan akrabnya kegirangan, Kamis (25/11/2021).

Vio tidak menyangka bisa meraih juara dalam lomba tingkat nasional itu. Dia kaget karena awalnya hanya diajak oleh salah satu temannya untuk berpartisipasi dalam lomba tersebut.

"Akhirnya setelah memutuskan untuk ikut, saya mengajak lagi satu teman saya Raaulia. Dan akhirnya jadilah kita bertiga menjadi tim untuk lomba ini," ucap Vio, yang didaulat menjadi Koordinator Tim.

Vio bercerita, tujuan awal mengikuti kegiatan lomba itu adalah untuk sekedar menambah pengalaman. Awalnya mereka tidak memiliki pemikiran untuk ikut lomba itu, karena tingkatan lomba yang nasional.

"Saya tidak ada firasat untuk menang. Saya cuma ingin menambah pengalaman dengan teman-teman saya dalam bidang reportase. Ternyata malah meraih juara," ujarnya.

Sesuai dengan tema lomba 'Warisan Budaya Indonesia sebagai penguat Identitas Bangsa' membuat mereka memiliki keinginan untuk mengikuti lomba tersebut, mengingat Banyuwangi memiliki banyak warisan budaya.

"Mungkin dengan saya membuat video tentang budaya Banyuwangi, salah satunya kesenian jaranan Buto ini, dapat membuat Kesenian ini lebih dikenali oleh masyarakat umum, dan dapat terus dilestarikan," ujar Viola.

Dengan karya sederhana tapi unik, tidak disangka karya para pelajar dari Banyuwangi ini dapat memikat para juri, hingga karya mereka menjadi salah satu pemenang dalam perlombaan ini.

"Kami benar-benar kaget dapat juara," terangnya.

Setelah pengumuman pemenang, mereka mengaku bangga dan haru karena mereka baru pertama kali mengikuti lomba dalam bidang ini. Apalagi sampai menjadi salah satu pemenang.

"Meskipun bukan menjadi juara umum, tapi ini sudah sangat membanggakan buat saya dan teman-teman. Mengingat ini merupakan lomba tingkat nasional, dan saya juga baru pertama kali mengikuti lomba dalam bidang reportase ini," tandas Viola.

'Gerakan Pelajar Menulis' merupakan sebuah kegiatan yang digagas oleh Himpunan Musyawarah Osis (HIMO) Kabupaten Banyuwangi, guna mendorong kreativitas menulis dan membaca di kalangan siswa. Gerakan tersebut diresmikan Wakil Bupati H. Sugirah di hutan wisata de Djawatan, Kecamatan Cluring, Sabtu (10/4/2021). Kegiatan ini untuk menggugah semangat antar pelajar guna menghidupkan budaya membaca, menulis dan belajar tentang broadcasting.

Gerakan Pelajar Menulis ini berlangsung selama satu tahun kedepan. Setelah resmi dibuka oleh Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah, ratusan pelajar tingkat SMA selanjutnya akan mendapatkan pendampingan dan upgrade wawasan menulis dari TIMES Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES