Peristiwa Daerah

Gerobak Vaksin Lansia ala Polresta Probolinggo Kota

Kamis, 25 November 2021 - 12:20 | 45.19k
Gerobak vaksin ala Polresta Probolinggo sasar lansia di pasar. (FOTO: Choirul for TIMES Indonesia)
Gerobak vaksin ala Polresta Probolinggo sasar lansia di pasar. (FOTO: Choirul for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Berbagai macam cara dilakukan untuk mengejar target 70 persen vaksin di kelompok umur lansia. Seperti penggunaan gerobak vaksin ala Polresta Probolinggo Kota, Jawa Timur.

Gerobak vaksin itu, dibawa langsung ke pasar tradisional. Polisi yang bertugas, termasuk Kapolres, menjemput pedagang dan pembeli lansia di pasar, untuk ikut vaksin.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani menyebut, inovasi itu berdasar pengamatan beberapa waktu terakhir. Terhadap respon dan sikap masyarakat, terutama lansia, soal vaksin.

Gerobak vaksin bKapolresta Probolinggo, AKBP Wadi Sa'bani jemput lansia pedagang di pasar baru. (FOTO: Ryan/TIMES Indonesia)

Ia menyimpulkan, sejauh ini masyarakat trauma dan takut. Ketika melihat ambulance parkir di sekitar mereka. Atau bahkan mendatangi tempat kerja mereka.

“Karena itulah, kami coba cara lain. Tidak bawa ambulance, tapi gunakan gerobak vaksin ini. Dimana secara penglihatan, gerobak jauh lebih familiar di mata masyarakat,” katanya, di Pasar baru Kota Probolinggo, Kamis (25/11/2021).

Penggunaan gerobak vaksin itu diharapkan mampu mengejar target 70 persen vaksin lansia. Per tanggal 24 November kemarin, di Kota Probolinggo, capaian vaksin lansia berada di angka 50 persen untuk tahap pertama. Sedangkan vaksin lansia tahap kedua, masih di angka 27,3 persen.

Selain itu, jajaran anggota Polresta Probolinggo, termasuk kapolres, blusukan langsung ke dalam pasar. Menjemput pedagang maupun pembeli lansia. Untuk ikut vaksin. Proses penyuntikan vaksin pun, dilakukan sesuai dengan protokol dan prosedur kesehatan.

Gerobak vaksin c

Calon penerima vaksin tetap menjalani skrinning kesehatan. Jika memungkinkan, langsung disuntik di lokasi. Selanjutnya, penerima vaksin diberi kartu keterangan vaksin.

“Kami juga periksa pedagang dan pembeli lain di dalam pasar. Jika ada yang belum vaksin, meski bukan lansia tetap kami jemput. Giat pertama ini, kami target 300 dosis vaksin bisa terserap,” tandas Wadi.

Vaksinasi ini, merupakan bentuk ikhtiar untuk bisa segera terbebas dari pandemi covid19. Membentengi kesehatan masyarakat, dari potensi fatal covid19. Selama proses vaksinasi Polresta Probolinggo Kota, dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES