Indonesia Positif

Cegah Pungutan Liar Parkir, Dishub Kota Batu Gelar Sosialisasi

Kamis, 25 November 2021 - 09:44 | 34.62k
Suasana sosialisasi pencegahan pungutan liar parkir di Hotel Aster, Rabu (24/11). (Foto : Dok. Diskominfo Kota Batu)
Suasana sosialisasi pencegahan pungutan liar parkir di Hotel Aster, Rabu (24/11). (Foto : Dok. Diskominfo Kota Batu)

TIMESINDONESIA, BATU – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu menggelar sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar Parkir kepada ratusan juru parkir (jukir) di Hotel Aster, Kota Batu, Rabu (24/11).

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Mahmud, perwakilan Kapolres, Kejari, City Guide dan Bank Jatim.

Dalam laporannya, Kadishub Kota Batu Imam Suryono, menjelaskan bahwa target Dishub untuk pendapatan parkir mencapai Rp8 miliar. Regulasi parkirnya sudah jelas, yakni 60% untuk jukir dan 40% untuk PAD. 

sosialisasi pencegahan pungutan liar parkir

Imam menegaskan bahwa para jukir harus memberikan karcis parkir sesuai regulasi yang berlaku dan menghindari pungutan liar alias pungli.

Dalam kesempatan ini, pihak Dishub juga memberikan rompi dan senter sebagai penanda jukir resmi. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu H. Punjul Santoso, dalam sambutannya mengingatkan agar para jukir selalu memakai masker dan mentaati protokol kesehatan. Terutama saat menghadapi Nataru (Natal dan Tahun Baru). 

Punjul Santoso juga menyoroti adanya 400 lebih titik parkir yang masih belum semuanya mendapatkan SK. Punjul berharap Dishub rajin datang dan berkumpul dengan para jukir, agar mengetahui permasalahan yang dihadapi di lapangan. Dengan begitu, parkir di Kota Batu akan lebih tertata dan tertib.

ti parkir

"Harus pakai karcis, karena panjenengan diawasi oleh KPK juga," ujar Punjul.

Masih menurut Punjul, para jukir di Kota Batu juga telah diikutkan BPJS ketenagakerjaan demi kesejahteraan dan perlindungan terhadap para jukir. 

"Tolong panjenengan melaksanakan tugas fungsinya sebagai Jukir. Sedangkan Dishub membentuk koordinator jukir untuk mempermudah komunikasi," tutup Punjul. 

Berikutnya acara dilanjutkan dengan sosialisasi dari Tim Saber Pungli, Dishub Kota Batu, Kejari Kota Batu dan Bank Jatim. Acara ini dihadiri oleh 400 juru parkir yang dibagi menjadi dua kelompok agar memenuhi ketentuan protokol kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES