Peristiwa Internasional

Kali Pertama Rusia-ASEAN akan Latihan Militer Bersama

Kamis, 25 November 2021 - 06:14 | 34.59k
Kapal perang anti-kapal selam besar Laksamana Panteleyev yang akan mewakili Rusia dalam latihan.(FOTO : TASS)
Kapal perang anti-kapal selam besar Laksamana Panteleyev yang akan mewakili Rusia dalam latihan.(FOTO : TASS)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk kali pertama, Rusia dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan mengadakan latihan militer angkatan laut bersama di lepas pantai Indonesia awal Desember.

Dilansir kantor berita Rusia, TASS, perwakilan tetap Rusia di ASEAN, Alexander Ivanov mengatakan latihan angkatan laut Rusia-ASEAN akan berlangsung di wilayah Sumatera Utara di wilayah perairan Indonesia pada 1-3 Desember.

"Kapal perang anti-kapal selam besar Laksamana Panteleyev akan mewakili Rusia dalam latihan itu," jelasnya, Selasa (24/11/2021).

Seperti yang dijelaskan oleh utusan tersebut, manuver tersebut bertujuan untuk mempraktikkan "interoperabilitas Angkatan Laut Rusia dan angkatan laut negara-negara anggota ASEAN untuk memastikan kegiatan komersial dan pengiriman maritim yang aman."

"Latihan akan berjalan dalam dua tahap, virtual dan angkatan laut," tambahnya.

Rusia dan ASEAN mengadakan KTT keempat mereka melalui konferensi video pada 28 Oktober lalu. KTT itu bertepatan dengan peringatan 30 tahun hubungan antara Rusia dan asosiasi yang dirayakan tahun ini.

KTT itu mengadopsi sejumlah dokumen yang bertujuan untuk lebih mengembangkan kemitraan strategis. Para pemimpin menyetujui keputusan untuk mengadakan latihan militer angkatan laut Rusia-ASEAN yang pertama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES