Pendidikan

Sosialisasi dan Edukasi Kurikulum MBKM, Mitra Mengabdi FEB UB Gandeng LPS

Kamis, 25 November 2021 - 07:47 | 66.43k
Kaprodi S1 Ekonomi Keuangan dan Perbankan Setyo Tri Wahyudi PhD (kiri) dan Bambang S Hidayat, direktur Learning Center LPS. (foto: FEB UB for TIMES Indonesia)
Kaprodi S1 Ekonomi Keuangan dan Perbankan Setyo Tri Wahyudi PhD (kiri) dan Bambang S Hidayat, direktur Learning Center LPS. (foto: FEB UB for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGFEB UB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya) terus bergerak menciptakan kegiatan-kegiatan baru dan inovatif. Bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PMK) bagi dosen di lingkungan FEB UB.

Terbaru adalah “Mitra Mengabdi” dan “Abdi Dharma” yang dihelat mulai dari bulan September sampai dengan akhir tahun 2021. Target dari kegiatan PKM ini adalah kontribusi nyata FEB kepada masyarakat sebagai salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Setyo Tri Wahyudi 2

Salah satu kegiatan Mitra Mengabdi yang dilakukan oleh dosen FEB, khususnya Jurusan Ilmu Ekonomi, adalah “Sosialisasi dan Edukasi Kurikulum MBKM Topik ke-LPS-an di Jurusan Ilmu Ekonomi”. FEB UB menggandeng Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

Ketua Program Studi S1 Ekonomi Keuangan dan Perbankan Setyo Tri Wahyudi PhD mengatakan, kegiatan ini dapat terlaksana dengan adanya Program FEB Bersama Mitra Mengabdi. Yakni bagian dari kegiatan pengabdian yang dilakukan dosen FEB UB bekerja sama dengan mitra.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) adalah salah satu mitra FEB UB sebagai lembaga pemerintah yang juga memiliki tanggungjawab dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya mahasiswa di FEB UB. 

"Tujuan sosialisasi dan edukasi kurikulum MBKM sebagai upaya untuk me-link-an antara perguruan tinggi dengan kebutuhan (match) dunia kerja," ucap Setyo.

Setyo Tri Wahyudi 3

Dikatakan, kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan suatu jawaban bagi upaya perguruan tinggi menyiapkan calon lulusannya untuk dapat bersaing di dunia kerja. Kebijakan MBKM juga memberi manfaat bagi dunia usaha dalam menyiapkan calon tenaga kerja yang berkualitas melalui penerimaan magang maupun penelitian mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

"Nantinya setelah para mahasiswa selesai studi, dapat melamar kembali menjadi pegawai di tempat magangnya," kata Setyo.

Sementara, Budi Joyo Santoso selaku perwakilan LPS mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari kerjasama LPS dan FEB UB serta sarana menambah ilmu untuk mahasiswa. "Karenanya, kesempatan ini harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," ucap Budi.

Dalam kesempatan sharing bersama LPS, Dekan FEB UB
Abdul Ghofar PhD mengatakan, kegiatan ini adalah implementasi riil dari kerjasama FEB dan LPS melalui adanya matakuliah ke-LPS-an serta berhubungan dengan kurikulum MBKM agar dunia usaha dan perguruan tinggi semakin erat. 

Ghofar menambahkan kegiatan ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi mahasiswa untuk menambah Ilmu Ke- LPS an dan perbankan, serta harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa pada program studi  yang bekerjasama dengan LPS. 

Setyo Tri Wahyudi 4

"Ini karena tidak banyak perguruan tinggi yang digandeng LPS sehingga jangan di sia-siakan," katanya. 

Di sisi lain, Bambang S Hidayat, direktur Learning Center LPS, menjelaskan gambaran umum kurikulum dan MBKM LPS pada mahasiswa FEB UB yaitu terdapat materi penjaminan simpanan dan resolusi bank disampaikan secara regular serta program MBKM dengan komponen learning, working experience and research. 

LPS akan menyiapkan mentor dan uang saku bagi mahasiswa yang magang di LPS. Program ini dapat dilakukan online dan offline. Selain itu, LPS akan membuat LPS Corner di FEB UB sebagai media diskusi, sosialisasi, seminar dan edukasi tentang LPS yang menggandeng lembaga mahasiswa sebagai penggerak LPS Corner. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES