Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Video Anies Baswedan Tercebur ke Sungai

Kamis, 25 November 2021 - 16:44 | 60.22k
Video yang diklaim merupakan Anies Baswedan tercebur ke sungai.
Video yang diklaim merupakan Anies Baswedan tercebur ke sungai.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video yang diklaim merupakan Anies Baswedan bersama rombongan yang sedang menaiki perahu, tercebur ke sungai. Video dengan narasi tersebut beredar di media sosial Facebook.

Akun Puspa Kencana membagikan video dengan narasi tersebut di grup Facebook Informasi Seputar Presiden Joko Widodo (PROJO) pada 18 November 2021.

Dalam video berdurasi 30 detik itu terlihat sejumlah orang sedang menaiki perahu yang sedang mengeruk sampah di sungai. Tiba-tiba perahu tersebut terbalik.

Pengguna akun Puspa Kencana menyertakan narasi berikut:

Astaga... Kasihan Pak Anis kejebur di sungai.

cek fakta Anies Baswedan Tercebur ke Sungai

Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/groups/368871333532878/posts/1359229721163696/)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang diklaim Anies Baswedan tercebur ke sungai, tidak benar. Kami menelusuri dengan menggunakan teknik reverse image, dan menemukan orang yang tercebur ke sungai bukanlah Anies Baswedan.

Penelusuran kami dengan bantuan google, orang-orang yang tercebur ke sungai dalam video tersebut, salah satunya Wali Kota Panaji, India, bernama Surendra Pataji. Ia bersama enam orang lainnya terbalik saat membersihkan sungai dengan menggunakan perahu yang dilengkapi mesin untuk menghilangkan gulma. 

cek fakta Anies Baswedan Tercebur ke Sungai 2

Sumber: Watch: Boat carrying Panaji mayor and six others capsizes | Scroll.in

Kejadiannya di Sungai St Inez pada Juni 2016 lalu. Disebutkan, mesin pembersih itu sebenarnya hanya dapat membawa dua orang. Artinya insiden tersebut terjadi karena kelebihan muatan. 

cek fakta Anies Baswedan Tercebur ke Sungai 3

Sumber: Police investigating St Inez Creek mishap | Herald

Kami juga menemukan video yang memperlihatkan insiden Wali Kota Panaji tercebur ke sungai. Video dengan durasi lebih panjang, 2 menit 11 detik, dipublikasikan oleh kanal YouTube ingoanews pada 26 Juni 2016.

Disebutkan dalam deskripsi video tersebut, mesin amfibi (mengapug di air dan dapat berjalan di darat) yang dinaiki 7 orang itu merupakan buatan Swedia. Disebutkan pula mesin ini dapat membuang 10 ton sampah hanya dalam waktu 10 menit dan dapat mengangkat sampah hingga 700 kg

cek fakta Anies Baswedan Tercebur ke Sungai 4

Sumber: Panaji mayor escapes narrowly as amphibian machine capsize | YouTube

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video dengan narasi yang diklaim Anies Baswedan tercebur ke sungai saat menaiki perahu, tidak benar. Orang dalam video itu adalah Wali Kota Panaji di India bernama Surendra Pataji.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, konten tersebut masuk ke dalam kategori false context (konteks keliru).

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES