Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Perempuan Tertua di Dunia Asal Pakistan

Kamis, 25 November 2021 - 09:41 | 77.27k
Unggahan beberapa foto yang diklaim sebagai perempuan tertua di dunia.
Unggahan beberapa foto yang diklaim sebagai perempuan tertua di dunia.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Foto yang diklaim sebagai perempuan tertua di dunia beredar di media sosial. Akun Facebook Baayawa TV membagikan foto tersebut pada Sabtu (2/10/2021). 

Akun itu mengunggah tiga foto perempuan tua disertai narasi sebagai berikut:

“The oldest woman on Earth from Pakistan celebrate her 217th years birthday today. To God be the glory.
African History

Terjemahan:
Perempuan tertua di Bumi dari Pakistan merayakan ulang tahunnya yang ke-217 tahun hari ini. Bagi Tuhan kemuliaan.
Sejarah Afrika

cek fakta Perempuan Tertua di Dunia

Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/baayawaTVghana/posts/1208771452945671)

Benarkah foto tersebut adalah perempuan tertua di dunia yang masih hidup?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran kami, foto yang diklaim sebagai perempuan tertua di dunia dari Pakistan dan masih hidup, salah. Kami menelusuri dengan mesin pencari dan menemukan fakta, ketiga foto yang dibagikan akun Baayawa TV itu merupakan sosok yang berbeda.

Dengan menggunakan reverse image, ditemukan salah satu foto yang serupa terdapat di laman Orissapost.com. Foto tersebut terdapat dalam artikel berjudul “Man who lived for 256 years” yang dipublikasikan pada 13 Maret 2019 pukul 15:29 WIB. 

Dalam artikel itu disebutkan bahwa foto tersebut adalah Li Ching Yuen, seorang lelaki ahli herbal dan seniman bela diri Tiongkok. Ia lahir pada 1677 dan hidup selama 256 tahun. Li Ching Yuen meninggal pada 6 Mei 1933.

cek fakta Perempuan Tertua di Dunia 2

Sumber: Man who lived for 256 years | Orrisa POST

Mengenai perempuan tertua di dunia, berdasarkan Guinnes World Records, sosok tersebut adalah Kane Tanaka, perempuan asal Jepang. Ia lahir pada 2 Januari 1903.

Merujuk pada artikel dari guinnessworldrecords.com, Kane Tanaka berusia 117 tahun 41 hari ketika dia dianugerahi rekor dunia itu, pada 12 Februari 2020.

cek fakta Perempuan Tertua di Dunia 3

Sumber: World’s oldest person confirmed as 116-year-old Kane Tanaka from Japan | Guinness World Records

Masih merujuk pada sumber yang sama, pria tertua di dunia adalah Saturnino de la Fuente Garcia. Ia berasal dari Spanyol, lahir pada 11 Februari 1909. Ia berusia 112 tahun 211 hari saat diumumkan oleh Guinnes World Records pada 10 September 2021.

cek fakta Perempuan Tertua di Dunia 4

Sumber: Saturnino de la Fuente García confirmed as oldest living man aged 112| Guinness World Records

KESIMPULAN

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, foto yang diklaim sebagai perempuan tertua di dunia dari Pakistan dan masih hidup, salah. Faktanya, tiga foto yang digunakan dalam posting Facebook ini bukan dari perempuan yang sama. Dan menurut Guiness Wolrd Records, perempuan tertua di dunia adalah Kane Tanaka dari Jepang, lahir pada 2 Januari 1903. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, konten tersebut masuk ke dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES